China Bersumpah Membalas AS Karena Konsulatnya Diperintah Tutup

China Bersumpah Membalas AS Karena Konsulatnya Diperintah Tutup

Perintah penutupan konsulatnya di Houston, Texas oleh Amerika Serikat (AS) membuat China geram. Tiongkok menganggap hal tersebut yakni sebagai provokasi politis.

Wang Wenbin -Juru bicara Kementerian Luar Negeri China- menuturkan bahwa tindakan AS itu telah melanggar hukum internasional hingga perjanjian kekonsuleran antara Beijing-Washington.

Mengutip dari Straits Times pada hari Rabu (22/7/2020) kemarin, Wang menegaskan, “China mengutuk keras tindakan keterlaluan dan tidak adil itu, yang akan menyabotase hubungan China-AS. Kami mendesak AS untuk segera menarik keputusannya yang keliru, jika tidak kami akan merespons dengan tegas dan tepat”.

Wang bahkan juga menuding bahwa pemerintahan Donald Trump itu sudah menstigmatisasi China dan melancarkan serangan tidak beralasan terhadap sistem sosial mereka.

Baca Juga:  PAN Solo Siap Memenangkan Gibran-Teguh 98% di Pilkada 2020

Faktor lainnya adalah Amerika Serikat dituduh melecehkan diplomat China, dan mengintimidasi serta menginterogasi mahasiswa Tiongkok, bahkan menyita perangkat mereka.

Mengutip dari surat kabar Global Times pada hari Kamis (23/7/2020) ini, teror bom dan pembunuhan terjadi di kantor biro visa Kedutaan China di Washington. Menurut sumber, kantor itu berkali-kali menerima telepon misterius.

Sementara itu, Mike Pompoe -Menteri Luar Negeri AS- menjelaskan alasan mereka mendesak China menutup kantor konsulat di Houston, Texas, karena negara itu dicurigai telah melakukan aktivitas pencurian kekayaan intelektual.

Di sisi lain, Marco ‘Mark’ Antonio Rubio – anggota Dewan Perwakilan AS fraksi Partai Republik- memberikan tuduhan bahwa China menggunakan konsulat di Houston sebagai kedok untuk menjalankan kegiatan spionase.

Baca Juga:  Debat Terbuka Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Solo Digelar 6 November 2020

Perseteruan kedua negara seolah memperlihatkan era baru perang dingin. AS terakhir kali memaksa negara lain menutup perwakilan diplomatik pada tiga tahun lalu.

Selain Houston, China memiliki lima misi diplomatik di AS, yakni konsulat di Chicago, Los Angeles, New York dan San Francisco, serta kedutaan besarnya di Washington DC.

Tags: , ,