Covid-19 Karanganyar, 598 Kasus Didominasi Oleh Klaster Kontak Erat Pasien Positif

Covid-19 Karanganyar, 598 Kasus Didominasi Oleh Klaster Kontak Erat Pasien Positif

Hingga saat ini angka kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Karanganyar terus melonjak. Kasus masih didominasi oleh klaster kontak erat pasien terkonfirmasi positif Covid-19.

Berdasarkan data dari akun resmi Instagram Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Karanganyar pada hari Senin (12/10/2020) lalu, untuk jumlah kumulatif kasus Covid-19 mencapai 598 kasus.

Dari jumlah tersebut, 147 orang di antaranya menjalani perawatan, 414 orang sembuh, dan 37 orang meninggal dunia.

Dari 147 orang yang masih dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19 itu menjalani perawatan di rumah sakit 69 orang dan 78 orang isolasi mandiri.

Juliyatmono selaku Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kabupaten Karanganyar sekaligus Bupati Karanganyar menjelaskan bahwa peningkatan kasus didominasi kontak erat dari pasien terkonfirmasi positif Covid-19.

Baca Juga:  September-Oktober, Kasus Anak Positif Covid-19 Solo Naik Drastis

Pada hari Selasa (13/10/2020) kemarin, Yuli sapaan akrab Bupati Karanganyar menuturkan, “Klaster itu masih kontak erat dari pasien yang (terkonfirmasi) positif Covid-19. Jadi bukan klaster baru. Misal Anda isolasi mandiri di rumah dan sudah kontak erat dengan keluarga, nah keluarga yang kontak erat tadi dilakukan tes swab, hasilnya juga positif. Seperti itu yang agak banyak sehingga jumlah terus meningkat”.

Orang nomer satu di Karanganyar itu optimistis pasien Covid-19 yang menjalani isolasi mandiri akan lebih cepat sembuh.

Ia menjelaskan, “Beberapa kali kan begitu. Yang tambah memang banyak, tetapi nanti sembuh itu barengan, banyak”.

Yuli menduga pasien Covid-19 di Karanganyar meningkat lantaran pelaksanaan tes swab semakin masif. Karanganyar mendapat jatah 128 virus transport media (VTM) per hari. Jumlah tersebut naik dua kali lipat daripada sebelumnya.

Tags: , ,