Dalam 2 Hari, Angka Covid-19 Solo Tambah 55 Kasus

Dalam 2 Hari, Angka Covid-19 Solo Tambah 55 Kasus

Selama dua hari berturut-turut yakni Kamis-Jumat (5-6/11/2020), pengembangan atau tracing kontak erat dan dekat mendominasi penambahan jumlah kasus konfirmasi positif Covid-19 Kota Solo.

Dalam rentang waktu tersebut, angka Covid-19 di Kota Solo bertambah 55 kasus. Dengan rincian yakni 14 dari pasien suspek yang naik kelas, tujuh orang dari uji swab mandiri, dan sisanya adalah dari penelusuran atau tracing kontak.

Dari jumlah penambahan tersebut, tercatat ada lima kasus masih dalam usia anak-anak yang masing-masing berumur 13 tahun, 7 tahun, 16 tahun, 16 tahun, dan 5 tahun.

Siti Wahyuningsih selaku Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo menyampaikan bahwa 34 hasil tracing kontak itu berasal dari 20 indek kasus. Itu artinya setiap kasus sedikitnya membawa minimal satu ekor.

Baca Juga:  Ganjar Setujui Usulan Wali Kota Solo Soal Asrama Haji Boyolali Jadi RS Darurat Covid-19

Pada hari Jumat (10/11/2020) kemarin, Ning sapaan akrab Kepala DKK solo itu menuturkan, “Mayoritas masih klaster keluarga serumah. Protokol kesehatan biasanya abai saat berada dalam rumah. Tambahan dari pasien suspek yang tinggi ini membuat kami waspada, mengingat hampir pasti membawa ekor”.

Sementara itu, Ahyani selaku Ketua Pelaksana Satgas Penanganan Covid-19 Solo menjelaskan bahwa akan terus melakukan pelacakan kontak secara masif untuk menekan angka positivity rate.

Ahyani menuturkan, “Setiap ada kasus baru, kami melakukan tracing kontak untuk menekan kasus. Wacana rekrutmen sukarelawan juga kami lakukan untuk membantu tugas rekan-rekan Puskesmas yang selama ini menjalani tugas surveilans. Tingginya kasus membuat mereka kelelahan, paling tidak kami ingin akhir tahun bisa ditekan”.

Baca Juga:  Kapolres Solo Pastikan Tetap Buru DPO Kasus Kerusuhan Mertodranan

Penambahan 55 kasus tersebut membuat jumlah kumulatif kasus konfirmasi positif Covid-19 Kota Solo saat ini menyentuh 1.323 orang.

Dengan rincian 878 sembuh, 313 isolasi mandiri, 78 rawat inap, dan sisanya meninggal dunia.

Sebagai tambahan informasi, masih terdapat tiga kelurahan yang masih bertahan dengan nol kasus konfirmasi positif Covid-19. Yakni Kampung Baru, Punggawan, dan Ketelan.

Tags: , ,