Dalam 3 Hari, Dana Beli Kapal Selam Masjid Jogokariyan Tembus Rp 1 M

Dalam 3 Hari, Dana Beli Kapal Selam Masjid Jogokariyan Tembus Rp 1 M

Seperti yang diketahui, Masjid Jogokariyan Yogyakarta mengajak masyarakat membeli kapal selam pengganti KRI Nanggala 402 yang tenggelam beberapa waktu lalu.

Dalam waktu tiga hari, dana yang terkumpul di rekening Masjid Jogokariyan berhasil tembus mencapai jumlah Rp 1 miliar.

Melansir detikcom pada hari Kamis (29/4/2021, Muhammad Jazir Asp selaku Ketua Dewan Syuro Masjid Jogokariyan mengatakan, “Alhamdulillah, sampai sore asar ini, sudah tembus Rp 1 miliar”.

Pihaknya menyampaikan bahwa donatur tersebut berasal dari masyarakat biasa.

Ia juga mencatat tidak ada sosok profil pejabat ataupun konglomerat.

Jazir menjelaskan, “Masyarakat biasa seperti kita. Yang konfirmasi seperti TKW, karyawan swasta, banyak dari berbagai latar belakang”.

Uang senilai Rp 1 miliar tersebut terhitung masuk ke rekening Masjid Jogokariyan sejak hari Senin (26/4/2021) hingga Kamis (29/4/2021) lalu.

Menurutnya, penggalangan dana ini bakal berlangsung hingga sebulan ke depan sesuai rencana.

Jazir menyampaikan, “Makanya kami menggandeng Dinas Sosial dan OJK (Otoritas Jasa Keuangan), agar prosesnya transparan dan bisa dipertanggungjawabkan secara publik”.

Ia menyebut bahwa penggalangan dana untuk membeli kapal selam ini dilakukan secara serius.

Pihaknya bakal menggandeng berbagai pihak agar pengganti kapal selam KRI Nanggala 402 bisa terealisasi.

“Kami sudah berkoordinasi dengan TNI AL. Jadi nanti uang yang terkumpul kami serahkan kepada TNI AL. Biar dilanjutkan apakah akan ditambah anggaran dari APBN atau bagaimana,” ungkapnya.

Diberitakan sebelumnya, Ustaz Abdul Somad (UAS) mengajak masyarakat patungan membeli kapal selam pengganti KRI Nanggala-402, yang tenggelam di perairan Bali. UAS menggandeng Masjid Jogokariyan Yogya dalam kegiatan donasi ini.

Tags: , ,