Dalam Dua Pekan, Polresta Solo Tangkap 11 Tersangka Kasus Narkoba

Dalam Dua Pekan, Polresta Solo Tangkap 11 Tersangka Kasus Narkoba

Dalam dua pekan terakhir di bulan Februari ini, Satres Narkoba Polresta Solo berhasil mengungkap sejumlah kasus terkait penyalahgunaan obat terlarang atau narkoba.

Total barang bukti yang diamankan, seberat 31,91 gram dengan total tersangka mencapai 11 tersangka. Bahkan beberapa di antara tersangka diketahui baru saja bebas dari penjara dalam kasus yang sama.

Dalam pers rilis di Mapolresta Solo, hari Kamis (18/2/2021) kemarin, AKBP Deny Heriyanto selaku Waka Polresta Solo mengatakan, “Ini merupakan bukti, bahwa Polresta Solo tidak main-main dalam mengungkap kasus penyalahgunaan narkoba”.

Deny Heriyanto menyebut bahwa 11 kurir narkoba itu telah ditetapkan sebagai tersangka.

“Polisi juga sudah menyita barang bukti berupa sabu dengan total berat 31,91 gram,” katanya.

Menurutnya, 8 dari para tersangka itu merupakan warga Kota Solo. Sementara lainnya berdomisili di luar Kota Solo.

Baca Juga:  Sragen Darurat Kasus Kekerasan Seksual Anak

Belasan kurir narkoba tersebut ditangkap dalam delapan kasus yang berbeda. Deny mengatakan bahwa para tersangka menggunakan modus konvensional.

“Mereka diperintahkan oleh bandar untuk mengirim narkoba kepada pemesan,” katanya.

Hanya saja, para tersangka tidak menyerahkan barang haram itu langsung kepada pemesan. Mereka hanya bertugas menaruh barang di suatu tempat yang telah disepakati antara bandar dengan pemesannya.

Deny juga menjelaskan bahwa 2 dari 11 tersangka itu merupakan residivis. Tersangka tersebut bernama Yudhi Hermawan alias Basri (24) asal Serengan Solo dan Rio Valentino (26) asal Grogol, Sukoharjo. Mereka belum lama keluar dari penjara dalam kasus yang sama.

Sementara itu, salah seorang tersangka yang dibekuk yakni Agus Habib Ali Maksum (44). Ia diamankan anggota kepolisian setelah kedapatan membawa sabu seberat 0,30 gram pada Sabtu (6/2/2021) lalu.

Baca Juga:  Polresta Solo Sita 47 Motor di Panularan Solo

Penangkapan tersebut bermula dari informasi yang diterima oleh pihak kepolisian. Ali saat itu berada di depan sebuah warung di Jalan Samratulangi, Manahan, Banjarsari, Solo. Dari tangan Ali, ditemukan satu plastik klip kecil berisi sabu yang dibungkus dengan tisu dan dibalut lakban warna hitam.

“Saat itu saya mampir ke warung untuk makan sebelum menyerahkan barang ke pemesan,” kata Ali.

Di sisi lain, Kompol M Rikha Zulkarnaen -Kasat Narkoba Polresta Solo- menyampaikan bahwa pihaknya akan terus melakukan pengembangan untuk membekuk pelaku diatasnya.

Rikha mengatakan, “Kota Solo menjadi sasaran peredaran narkoba. Ini merupakan hasil tangkapan menjelang tahun baru Imlek beberapa waktu yang lalu”.

Tags: , ,