Dana Sumbangan Untuk Kampanye Pasangan Bajo Capai Rp 153,4 juta

Dana Sumbangan Untuk Kampanye Pasangan Bajo Capai Rp 153,4 juta

Pasangan Bagyo Wahyono-FX Supardjo yang maju lewat jalur independen di Pilkada Kota Solo diketahui mendapat sumbangan dana untuk kampanye sebesar Rp 153,4 juta.

Jumlah sumbangan tersebut masih kalah jauh dari pasangan Gibran Rakabuming Raka-Teguh Prakosa yang menerima sumbangan dana mencapai Rp 650 juta.

Nurul Sutarti selaku Ketua KPU Solo menyampaikan bahwa besaran sumbangan dari kedua pasangan itu tertuang dalam LPSDK (Laporan Penerimaan Sumbangan Dana Kampanye (LPSDK).

Nurul menjelaskan bahwa sumber terbanyak sumbangan dana kampanye dari pasangan Bajo berasal dari pihak lain perseorangan dengan total Rp 116.875.000 untuk sisanya didapat dari sumbangan dana pribadi paslon Bajo yakni Rp 36,6 juta.

Pada hari Selasa (03/11/2020) lalu, Nurul menuturkan, “Sumbangan dari pihak lain perseorangan yang diterima Bajo ini terdiri uang tunai Rp 54 juta, barang Rp 41,8 juta, dan jasa Rp 21 juta”.

Baca Juga:  Dapat Kucuran Dana Rp 28 Miliar di Bisnis Kulinernya, Gibran: Ini Hadiah untuk Kaesang

Nurul juga menuturkan bahwa data LPSDK kedua paslon tersebut, tercatat dalam periode 25 September hingga 30 Oktober. LPSDK paslon Gibran-Teguh sebesar Rp 650 juta ini semua berasal dari sumbangan dana pribadi paslon.

“Untuk sumbangan dari pihak lain perseorangan, gabungan parpol, pihak lain kelompok, pihak lain badan hukum swasta tidak ada”, tambah Nurul.

Seperti yang diketahui, Bagyo Wahyono saat maju dalam pencalonan beberapa kali mengatakan bahwa dana kampanye berasal dari gotong royong alias iuran masyarakat.

Bagyo menuturkan, “Kita menganut sistem gotong royong, ada yang sumbang kertas untuk buat flyers, ada yang menyumbang uang tunai. Artinya dari rakyat untuk rakyat”.

Tags: , ,