Data 500 Juta Pengguna Facebook Diduga Bocor

Data 500 Juta Pengguna Facebook Diduga Bocor

Data pribadi milik lebih dari 500 juta pengguna Facebook dilaporkan telah bocor dan beredar di forum peretas.

Data yang berhasil dicuri tersebut, termasuk alamat email dan nomor telepon pemilik akun, telah dipos secara daring di forum-forum hacker.

Pada hari Sabtu (3/4/2021) lalu, Alon Gal selaku kepala teknologi firma intelijen kejahatan siber Hdson Rock mengatakan, “Semua 533.000.000 data Facebook yang terekam itu telah bocor dan disebar gratis”.

Gal menjelaskan,”Artinya, jika Anda memiliki akun Facebook, ini pastinya nomor telepon yang digunakan sudah bocor”.

Sebelumnya, Gal juga menyampaikan bahwa setidaknya 32 juta akun asal Amerika Serikat, dan 20 juta akun asal Prancis terdampak kebocoran Facebook tersebut.

Baca Juga:  Aplikasi Facebook dan Instagram Sempat "Down"

“Oknum-oknum jahat tentu akan menggunakan informasi (data pribadi yang bocor) untuk rekayasa sosial, scammng, hacking hingga marketing”, katanya.

Gal menilai pengguna Facebook harus diperingatkan tentang serangan rekayasa sosial, social engineering, yang ingin mendapatkan nomor telepon atau data pribadi lainnya

Seperti yang diketahui, hal ini bukanlah kali pertama skandal kebocoran data yang terjadi di media sosial milik Mars Zukerberg tersebut.

Pada 2016 silam, sebuah skandal Cambridge Analytica mencuat soal penggunaan data pribadi jutaan pengguna Facebook untuk target iklan politik.

Namun, seperti dikonfirmasi AFP kepada juru bicara Facebook, berita kebocoran tersebut adalah kabar lama.

Facebook dalam keterangan resmi menyebut data tersebut sudah “sangat lama” dan berkaitan dengan masalah yang sudah diperbaiki pada Agustus 2019.

Baca Juga:  Viral Balap Liar Berujung Kecelakaan di Solo

“Ini adalah data lama yang sebelumnya dilaporkan pada 2019,” ujar juru bicara Facebook.

“Kami menemukan dan berhasil memperbaiki persoalan ini pada Agustus 2019,” imbuhnya.

Tags: , ,