Debat Pertama Pilkada Solo, Penampilan Gibran Tuai Pujian

Debat Pertama Pilkada Solo, Penampilan Gibran Tuai Pujian

Usai Debat Publik Pilkada Solo 2020, pada hari Jumat (6/11/2020) lalu, sejumlah kalangan memuji penampilan cawali Solo, Gibran Rakabuming Raka.

Diah Warih Anjari selaku pendiri dari Diwa Center menilai, meski disiarkan oleh tv swasta nasional, Gibran tak terlihat gugup. Bahkan Gibran dianggap dapat menyuguhkan solusi-solusi dari berbagai persoalan yang dihadapi oleh Kota Solo.

Pada hari Minggu (8/11/2020) kemarin, Dewi menuturkan, “Saya melihat Mas Gibran sangat siap menghadapi debat. Permasalahan yang ada berhasil ia tangkap dan rumuskan opsi solusinya”.

Pihaknya menilai opsi-opsi cawali urut nomer 1 itu tawarkan saat debat publik perdana Pilkada Solo itu cukup realistis.

Dewi mencontohkan seperti saat Gibran berencana membuat CreatifHub untuk memberdayakan anak-anak muda.

Baca Juga:  Setelah Vakum Lama Akibat Pandemi, Band Soloraya Ini Akhirnya Kembali Tampil

Tidak hanya itu, juga gagasan Gibran mengenai rencana pengembangan Wellness Tourism yang ia yakini sangat potensial dalam masa pandemi Covid-19.

Dewi menuturkan, “Berbagai solusi yang Gibran tawarkan sangat menjanjikan sebagai jawaban persoalan yang ada. Saya pikir sudah jelas hasil debat seperti apa. Masyarakat Solo sudah bisa memilih figur mana yang bisa membawa kemajuan dan kesejahteraan warga Solo”.

Sementara itu di sisi lain, Razali Ismail Ubit -Ketua Umum Pergerakan Muda Indonesia- mengatakan penilaian yang sama.

Menurut Razali, materi yang disampaikan oleh pasangan Bagyo Wahyono-FX Supardjo (Bajo) seperti bukan materi debat, melainkan curhat.

Razali mengatakan, “Kurang gereget dan argumentasinya kurang sekali”.

Ia memandang bahwa pasangan Bajo banyak mis atau lepas konteks dalam menjawab pertanyaan baik dari moderator maupun dari kompetitor.

Baca Juga:  Paslon Bajo Akan Bentuk Majelis Penasihat Wali Kota Jika Menang Pilkada Solo

Razali juga mengatakan, “Dari aspek materi debat Mas Gibran lebih menguasai materi. Melalui debat kemarin mestinya masyarakat sudah dapat menentukan paslon mana yang program kerjanya ke depan lebih baik untuk memajukan Solo”.

Ia juga turut mengapresiasi penyelenggaraan Debat Publik Pilkada Solo 2020 yang disiarkan langsung stasiun televisi swasta nasional.

Pasalnya acara debat tersebut berhasil memantik bergairahnya kembali dinamika politik Pillada 2020 dalam masa pandemi Covid-19.

Tags: , ,