Debat Terbuka Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Solo Digelar 6 November 2020

Debat Terbuka Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Solo Digelar 6 November

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Surakarta berencana akan menggelar dua kali debat calon wali kota dan wakil wali kota.

Debat tersebut akan diikuti oleh peserta pilkada yaitu pasangan Gibran Rakabuming Raka – Teguh Prakosa dan pasangan independen, Bagyo Wahyono – F.X. Supardjo.

Nurul Sutarti selaku Ketua KPU Solo menyampaikan bahwa debat pertama dijadwalkan pada 6 November mendatang di salah satu hotel di Solo.

Tetapi, KPU belum memastikan pelaksanaan debat kedua calon kepala daerah.

Pada hari Senin (19/10/2020) kemarin, Nurul menuturkan, “Yang jelas awal Desember, sebelum memasuki masa tenang. Kami masih menyiapkan acara debat tersebut. Di antaranya dengan menentukan moderator, tim penyusun materi, serta perangkat lain”.

Nurul menambahkan bahwa pihaknya juga terus berkoordinasi dengan tim sukses masing-masing calon kepala daerah untuk menentukan materi debat.

“Itu semua nanti kami tentukan melalui rapat pleno,” terang Nurul.

Berdasarkan Keputusan KPU RI No. 465/PL.02.4-Kpt/06/KPU/IX/2020 tentang Pedoman Pelaksanaan Kampanye Pilkada Serentak 2020, acara debat digelar di dalam ruang tanpa penonton.

Masing-masing pasangan calon hanya diperkenankan membawa maksimal empat orang tim kampanye.

Dalam keputusan tersebut, acara debat itu juga akan disiarkan secara langsung melalui lembaga penyiaran publik maupun swasta.

Tetapi, KPU daerah memiliki opsi untuk menyiarkan melalui streaming di media daring jika mengalami keterbatasan.

Nurul menjelaskan, “Yang jelas, kami tidak ada anggaran untuk menyiarkan debat di TV. Makanya, kami akan live streaming di akun media sosial milik KPU. Hanya saja, saat ini KPU masih menjalin komunikasi dengan dua stasiun TV terkait penyiaran tersebut”.

Jika dua stasiun televisi itu akan menayangkan acara debat secara eksklusif, pihaknya mempersilakan.

Sementara itu, calon Wali Kota Gibran Rakabuming Raka mengaku bahwa dirinya sangat siap untuk menghadapi pesaingnya yakni pasangan Bagyo Wahyono – F.X. Supardjo (Bajo) pada debat publik mendatang.

Pihaknya sudah berkali-kali melakukan simulasi debat dengan bimbingan dari politisi senior dan akademisi.

“Saya belum tahu materinya apa nanti. Makanya semua materi saya siapkan. Kesehatan, pendidikan, pariwisata. Semua,” ujar Gibran.

Di sisi lain, Bajo juga tak mau kalah. Pasangan yang maju melalui jalur independen tersebut bersama tim telah dua kali berlatih simulasi debat.

Bagyo berharap acara debat paslon mengarah pada penguatan visi misi yang dibawa paslon masing-masing.

Tags: , ,