Di Eropa, Saingan TikTok dari Instagram Diluncurkan

Di Eropa, Saingan TikTok dari Instagram Diluncurkan

Aplikasi video populer Tiktok mendapat saingan dari Reels. Aplikasi Reels sendiri memang terlihat mirip TikTok namun dengan aneka fitur editan dan efek-efek untuk menghasilkan video yang kreatif dari Instagram.

Reels adalah percobaan kedua Facebook selaku induk perusahaan untuk menyaingi TikTok. Sebelumnya Facebook pernah meluncurkan aplikasi video Lasso, namun gagal di pasaran.

Mengutip dari Tech Crunch pada hari Rabu (1/7/2020) kemarin, Reels tahun 2019 diluncurkan di Brasil. Kini, pengguna Instagram di Prancis dan Jerman juga bisa mencoba merekam video pendek selama 15 detik.

Para pengguna bisa dengan mudah melakukan kompilasi atau menonton Reels milik pengguna lain. Itulah yang kini akan dicoba di Prancis dan Jerman.

Baca Juga:  Rilis Single dan Video Klip Baru, Ariana Grande Jadi Presiden AS

Reels bisa memiliki tempat di Explore dan Profile sehingga pengguna bisa berbagi instagram Feed mereka. Perubahan ini diharapkan meningkatkan keterpaparan Reels dan penggunanya.

Dengan memasukkan fitur ini ke Instagram, harapannya bisa lebih sukses. Karena, Instagram sudah punya basis pengguna yang banyak.

Nampaknya Reels akan mengambil posisi di antara Stories yang umum dan IGTV yang lebih menarik bagi kreator konten profesional. Jika konten TikTok lebih pada replikasi konten oleh para penggunanya, misalnya lelucon yang sama, joget yang sama, lip sync yang sama, maka Reels akan dibikin lebih bebas dalam berkreasi.

Apakah Reels nantinya akan sukses mengalahkan TikTok secara global? Kita tunggu saja!

Tags: , ,