Di India, TikTok dan Puluhan Aplikasi China Dicekal

Di India, TikTok dan Puluhan Aplikasi China Dicekal

Pemerintah India melarang puluhan aplikasi asal China termasuk TikTok di dalamnya. Hal ini dilakukan menyusul tewasnya 20 tentara India dalam bentrokan dengan tentara China diperbatasan Himalaya.

Aplikasi TikTok buatan Bytedance dan WeChat ini tidak luput dari cekalan bersama 59 aplikasi lainnya yang kebanyakan berasal dari negara tirai bambu tersebut, Kementrian Teknologi India menyebut aplikasi itu dinilai tidak aman karena membahayakan data pengguna.

Kementrian Teknologi India menyebutkan “Pengumpulan data mengganggu keamanan dan pertahanan nasional India, sebuah kekhawatiran sangat mendalam yang membutuhkan tindakan darurat”.

Terkait pencekalan ini, Google dan Apple diperintahan untuk menghapus seluruh aplikasi yang dilarang dari toko aplikasi masing-masing. Hal ini tentu cukup berdampak bagi TikTok Cs, karena India merupakan pangsa pasar yang besar.

Baca Juga:  Gergaji Mobile Buatan SMK Kristen 2 Solo Siap Dipasarkan

Aplikasi TikTok memang sangat populer di India, bahkan aplikasi video populer ini sudah diinstal 611 juta kali. Hal ini membuat Bytedance sudah berencana untuk menginvestasikan dana USD 1 miliar untuk memperluas pasarnya di negara Bollywood itu. Sedangkan aplikasi Wechat lumayan banyak digunakan yakni 100 juta kali.

Dalam sebuah pernyataan, Pemerintah India menulis, “Ada ‘paduan suara’ publik yang kuat meminta pemerintah untuk mengambil tindakan tegas terhadap aplikasi yang merusak kedaulatan India, serta privasi warga negara kami”.

Mengenai hal ini Apple belum memberikan pernyataan, sedangkan Google mengaku masih menunggu permintaan dari pemerintah untuk memblokir.

Mengutip dari Reuters, Santosh Pai -Pengamat hukum dari Link Legal- mengatakan, “Ini adalah tindakan tercepat dan paling powerful yang bisa diambil pemerintah untuk memberikan tekanan ekonomi pada perusahaan China”.

Tags: , ,