Di India TikTok Dicekal, Instagram Kenalkan Reels

Di India TikTok Dicekal, Instagram Kenalkan Reels

Pemerintah India mencekal TikTok dan 58 aplikasi lainnya milik China. Momen ini tidak dilewatkan oleh Instagram untuk memperkenalkan aplikasi bernama Reels untuk uji coba di negara Bollywood tersebut.

Mengutip dari TechCrunch pada Selasa (7/7/2020) ini, informasi tersebut pertama kali dilaporkan oleh Business Insider India. Sumber mereka mengatakan beberapa pengguna di India telah mendapatkan update Instagram terbaru yang berisi fitur Reels.

Sebelumnya pesaing TikTok ini sudah bisa diakses di Brazil, Jerman dan Prancis. Juru bicara Facebook telah mengkonfirmasi bahwa rencananya akan meluncurkan aplikasi ini di banyak negara.

Pihak Facebook menjelaskan, “Kami tidak sabar membawa versi baru ini untuk komunitas global kami. Tidak ada rencana lebih lanjut yang bisa dibagi terkait tanggal peluncuran atau negara untuk saat ini.”

Baca Juga:  Ternyata Ampas Kopi Bisa Jadi Bahan Baterai

Selain TikTok telah kehilangan pasarnya di India, kehadiran aplikasi Reels juga terbilang ideal karena beberapa alasan. Salah satunya adalah Facebook telah bekerja sama dengan label musik besar bernama Saregama. Untuk diketahui, Saregama adalah label musik terbesar di India.

Meski TikTok tidak lagi ada di India untuk saat ini, bukan berarti Instagram Reels tidak memiliki saingan. Sejak TikTok dicekal, popularitas aplikasi berbagi video asal India seperti Roposo, Chingari dan Mitron langsung melonjak. Bahkan pengguna Roposo bertambah 22 juta dalam dua hari sejak TikTok dilarang.

Reels menawarkan beberapa tools untuk mengedit video, seperti timer penghitung mundur dan tools untuk mengubah kecepatan video, untuk membuat video yang lebih kreatif.

Baca Juga:  Mata Uang Virtual Facebook Libra Dikabarkan Hadir di Awal 2021

Selain itu, Reels memiliki fitur yang sangat mirip dengan TikTok. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk membuat video berdurasi 15 detik yang dipasangkan dengan musik atau audio lainnya.

Namun, Reels bukan aplikasi yang berdiri sendiri seperti aplikasi TikTok. Melainkan hanya fitur yang sudah terintegrasi dengan aplikasi Instagram.

Tags: , ,