Di Pasar Kliwon Solo Akan Ada Mako Dan Asrama Brimob Polda Jateng

Di Pasar Kliwon Solo Akan Ada Mako Dan Asrama Brimob Polda Jateng

Pemerintah Kota (Pemkot) Solo menghibahkan tanah seluas 1,3 hektare kepada Satbrimob Polda Jawa Tengah, hari Senin (25/1/2021) lalu. Lahan Hak Pakai (HP) Nomor 00001 di Kelurahan Mojo, Kecamatan Pasar Kliwon tersebut digunakan untuk membangun markas dan Asrama Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Jateng.

Kepala Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) Surakarta Yosca Herman Soedradjad mengatakan, hibah dilakukan setelah mendapat persetujuan dari DPRD Kota Surakarta melalui Keputusan DPRD Kota Surakarta Nomor 170/7610 Tahun 2020.

“Kami melaksanakan hibah kepada calon asrama dan Mako Brimob. Kan dulu di sini HP 16 akhirnya kami pecah-pecah untuk masyarakat, sekolah, dan Brimob,” jelasnya.

Sementara itu, Kombes Pol Farid Bachtiar Effendi selaku Komandan Satbrimob Polda Jateng menyampaikan bahwa pembangunan tersebut karena sampai saat ini masih banyak anggota Satbrimob Polda Jateng yang belum tinggal di asrama.

Baca Juga:  Kubah Lava Misterius di Tengah Kawah Gunung Merapi Akhirnya Terpantau

Farid juga mengapresiasi komitmen pemkot dalam mendukung peningkatan kinerja satuannya.

Pada hari Selasa (25/12/2021) kemarin, Farid menuturkan, “Anggota banyak yang tinggal terpisah, enggak tinggal jadi satu di asrama, sehingga memengaruhi respons cepat. Kami berharap saat anggota tinggal di satu tempat bisa mendukung rencana pembangunan Kota Solo, utamanya mendukung keamanan ketertiban masyarakat”.

Ia menyebut bahwa lokasi di Kelurahan Mojo atau jauh dari pusat kota tidak berpengaruh terhadap kecepatan gerak anggota.

Sebab, Satbrimob yang bermarkas di Solo tak hanya mengaver wilayah Kota Solo tapi juga Soloraya.

“Selain itu, tidak ada lahan lain milik Pemkot yang seluas HP 001 ini. Insya Allah tidak berpengaruh terhadap kecepatan, satuan kami sudah dilengkapi kendaraan untuk mobilisasi cepat,” ujarnya.

Baca Juga:  Pemilik Baru Persis Solo Mulai Terkuak, Siapa Dia?

Farid menambahkan bahwa saat Mako di Kelurahan Mojo rampung dibangun, maka Mako Brimob lama yang berada di Kecamatan Banjarsari bakal dialihfungsikan.

“Kami bisa fungsikan nanti, mungkin Satuan Sabhara bisa memanfaatkan,” ungkapnya.

Sementara itu, FX Hadi Rudyatmo -Wali Kota Solo- menyampaikan bahwa Sat Brimob mendapatkan hibah lahan seluas 13.000 meter persegi.

Rudy sapaan akrab Wali Kota Solo itu menuturkan, “Sertifikat nanti diurus oleh Polda Jateng sendiri. Mudah, karena sudah dipecah-pecah”.

Tags: , ,