Di Wonogiri ada Kedai Pizza Milik Warga Venezuela

Pizza adalah makanan khas Italia yang juga digemari oleh masyarakat Indonesia. Biasanya pizza hanya ditemukan di tempat-tempat high-end atau tempat-tempat kalangan atas. Tapi ternyata, akhir-akhir ini ada warga Wonogiri yang membuka kedai pizza di rumahnya.

Kedai ini bermana Venez Pizzeria yang berlokasi di Jl. Tentara Pelajar No 2 Giriwono, Wonogiri Kota. Pemilik dari kedai ini bernama Adolfo Jose Para Akusta, 48, warga asli Venezuela, Amerika Selatan. Selain pizza, Jose juga menjual makanan Italia lainnya, seperti burger, pasta, hotdog, sandwich dan aneka minuman dan es krim. Semua menu yang disajikan baik makanan dan minuman diolah dengan khas Italia, namun citarasa yang disajikan khas Indonesia.

Akrab disapa Jose, dirinya menikah dengan wanita setempat bernama Tri Santi, 32, dan mereka bertemu saat bekerja di sebuah perusahaan kapal pesiar Disney Cruise Line Amerika Serikat. Awalnya ia bekerja dalam satu perusahaan, namun beda kapal. Pada tahun 2018, mereka melangsungkan akad nikah di Amerika dan pada tahun 2019, mereka resign dari perusahaan dan memutuskan pulang ke Indonesia. Pada Desember 2019, mereka melegalkan pernikahan agar bisa diakui di Indonesia.

Baca Juga:  Kecelakaan Ambulans Vs Truk di Jalan Solo-Purwodadi

Bisnis kedai pizza mereka dibuka pada Februari 2020 di teras rumah orang tua Santi, istrinya. Inisiatif ini muncul karena Jose punya pengalaman bekerja di restoran Italia. “Saat di restoran Italia, Jose menjadi koki. Masakan yang dibuat seperti pizza, spageti, dan aneka makanan Italia lainnya,” ujar Santi.

Setelah lama bekerja di restoran itu, ia memtuskan untuk pindah bekerja di kapal pesiar Disney Cruise Line di bagian restorannya. Di tempat itu, dia mendapatkan posisi sebagai chef bagian bakery atau roti. Karena pengalaman inilah, Jose dan istrinya memberanikan diri untuk membuka usaha kuliner khas Italia.

Omzet yang di dapat sebelum pandemi mencapai Rp 10 juta hingga Rp 12 juta. Saat pandemi hanya Rp 3 juta hingga Rp 4 juta. Namun sejak ada new normal, omzet kembali merangkak. Jose juga berencana nantinya mereka akan membuka tempat yang lebih luas jika pandemi Covid-19 sudah mereda.

Baca Juga:  Pelaku Pembakaran Truk Satpol PP Sukoharjo Ditangkap

Jose mengaku senang tinggal di Indonesia. Dia mulai belajar Bahasa Indonesia dan Bahasa Jawa. Namun saat belajar Bahasa Jawa, dia mengaku kesulitan. Jose sendiri sudah bisa menguasai empat Bahasa, yakni Inggris, Portugis, Spanyol dan Italia. Makanan Indonesia yang dia suka ada nasi pecel, gado-gado dan mie ayam.

Tags: , ,