Diblokir India, Induk TikTok Cs Rugi Puluhan Triliun

Diblokir India, Induk TikTok Cs Rugi Puluhan Triliun

ByteDance selaku induk dari aplikasi berbagi video populer TikTok, menderita setelah aplikasinya diblokir oleh pemerintah India. Ditaksir kerugian yang dialami oleh ByteDance mencapai angka US$ 6 miliar. Jika dikalkulasi dengan rupiah, maka kerugian tersebut setara dengan Rp 84 triliun.

Kerugian materi dengan angka yang fantasis itu berasal dari tiga aplikasi Bytedance yang diblokir India. Diantaranya adalah platform video pendek Tiktok Vigo Video dan jejaring sosial Helo

Seperti yang diberitakan sebelumnya, TikTok bersama 58 aplikasinya diblokir oleh pemerintah India beberapa pekan lalu dan aplikasi ini telah dihapus dari toko aplikasi Google Play Store dan Apps Store. Hal ini dilakukan menyusul tewasnya 20 tentara India dalam bentrokan dengan tentara China di perbatasan Himalaya.

Baca Juga:  Karena Dukung Trump, Chris Pratt Dijuluki “Chris Terburuk” oleh Netizen

Pemblokiran ini akan menjadi pukulan berat bagi TikTok karena negara dengan julukan Bollywood itu merupakan pasar utama perusahaan. Dari data lembaga SensorTower, di India TikTok telah diunduh sebanyak 611 juta kali atau setara 30,3% dari total download aplikasi.

Di India Bytedance mempekerjakan 2.000 lebih staf lokal penuh waktu. Sebelumnya Bytedance juga mengumumkan investasi sebesar US$1 miliar dalam tiga bulan ke depan ke India

Ini bukan kali pertama aplikasi populer tersebut menjadi target India untuk diblokir. Pada awal 2019, TikTok telah dihapus dari Play Store dan Apps Store karena berkaitan dengan masalah adiktif (kecanduan) warga India pada aplikasi ini. Namun belakangan juga muncul tudingan penggunaan data pengguna.

Tags: , ,