Disdik Solo Sebut Pembelajaran Tatap Muka Paling Cepat Pertengahan Oktober

Disdik Solo Sebut Pembelajaran Tatap Muka Paling Cepat Pertengahan Oktober

Rencana simulasi pembelajaran tatap muka atau PTM siswa SMP Solo paling cepat yakni pertengahan bulan Oktober.

Etty Retnowati -Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Solo- menuturkan, simulasi yang akan dilakukan tersebut harus mendapat izin dari Satgas Covid-19.

Untuk mendapatkan izin tersebut, pihaknya harus mengawali dengan paparan tentang persiapan sekolah yang akan menggelar simulasi PTM.

Pada hari Senin (5/10/2020) kemarin, Etty mengatakan “Rencananya (simulasi PTM) tetap Oktober. Tapi masih paparan dulu kepada Satgas (Satgas Penanganan Covd-19)”.

Ia menjelaskan bahwa sudah menentukan SMP Solo yang akan menjadi peserta simulasi pembelajaran tatap muka. Tetapi pihaknya belum bersedia mengungkapkan mana saja daftar sekolah-sekolah tersebut.

Sementara itu, Abdul Haris Alamsah -Kabid Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) SMP Disdik Solo- mengatakan bahwa paparan kesiapan sekolah menggelar simulasi pembelajaran tatap muka pada Kamis (8/10/2020) mendatang.

Baca Juga:  Begini Persiapan Gibran-Teguh & Bajo Jelang Debat Perdana

Selanjutnya, Satgas Penanganan Covid-19 akan melakukan verifikasi kesiapan sekolah. Verifikasi tersebut akan jadi dasar pemberian izin pelaksanaan simulasi PTM.

Abdul sebelumnya mengatakan bahwa siswa kelas IX akan mengawali simulasi PTM. Namun, tidak serta merta semua siswa kelas IX bisa ikut karena harus ada izin orang tua.

Ia menambahkan, “Nanti yang simulasi kelas atas atau Kelas IX dulu. Tapi meskipun mereka siap, sekolah akan mengomunikasikan terlebih dahulu dengan orang tua. Kalau ada orang tua yang tidak mengizinkan, ya tidak apa-apa. Jadi nanti yang ikut simulasi sejumlah siswa yang dapat izin orang tua”.

Untuk ketentuan lain dalam simulasi pembelajaran tatap muka SMP Solo itu adalah setiap kelas hanya berisi separuh jumlah siswa.

Baca Juga:  Long Weekend, Pengunjung Candi Prambanan Tetap Dibatasi

Para siswa juga hanya akan belajar selama dua jam (60 menit x 2) tanpa waktu istirahat. PTM tidak setiap hari melainkan hanya tiga hari dalam sepekan.

Tags: , ,