Disdikbud Minta Sekolah-Sekolah di Solo Untuk Optimalkan Satgas Covid-19

Disdikbud Minta Sekolah-Sekolah di Solo Untuk Optimalkan Satgas Covid-19

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) meminta agar sekolah-sekolah di Kota Solo untuk mengoptimalkan fungsi Satgas Penanganan Covid-19.

Di sisi lain, proses pengajuan pembelajaran tatap muka (PTM) SMA/SMK tetap berlanjut.

Hal tersebut muncul dari Suyanta selaku Kepala Cabang Disdikbud Wilayah VII Jawa Tengah (Jateng) dilatar belakangi adanya 11 guru di SMAN 1 Polokarto, Sukoharjo yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Menurut Suyanta, pencegahan kondisi semacam itu mestinya diantisipasi dan ditangani oleh Satgas Penanggulangan Covid-19.

Pada hari Kamis (12/11/2020) lalu, Kepala Cabang Disdikbud Wilayah VII Jawa Tengah itu mengatakan, “Kami imbau lagi agar Satgas di sekolah harus difungsikan dengan cara, pertama, setiap guru dan karyawan harus berperilaku sesuai protokol kesehatan (mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak). Kedua, ikut mengingatkan sesama warga sekolah, pengunjung baik itu tamu atau siswa yang datang untuk meminta pelayanan pendidikan agar menerapkan protokol kesehatan”.

Baca Juga:  FX Rudy Minta Presiden Angkat Lagi Susi Pudjiastuti Jadi Menteri

Pihaknya menilai, terkait banyaknya guru yang terkonfirmasi virus Covid-19 mengindikasikan adanya ketidakpatuhan mengenai protokol kesehatan di sekolah bersangkutan.

Suyanta menambahkan, “Mulai dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) hingga Cabang Dinas sudah membuat edaran agar sekolah membentuk Satgas Penanganan Covid-19, dan semua guru menjadi Satgas. Sehingga perilaku mereka di sekolah, di rumah, atau di mana pun harus menerapkan protokol kesehatan. Kalau ada yang positif segitu banyak berarti mengindikasikan mereka belum menerapkan protokol kesehatan, meskipun kepala sekolah sudah ingatkan”.

Suyanta menjelaskan, meski terdapat kasus Covid-19 di sekolah, proses pengajuan simulasi PTM di Sukoharjo tetap berjalan.

Untuk SMAN 1 Polokarto ini belum mengajukan diri sebagai sekolah peserta simulasi PTM.

Baca Juga:  Kampus Unisri Lockdown Lantaran Ada Karyawan Yang Positif Covid-19

Suyanta juga menyampaikan, “Pendidikan tetap harus berjalan. Simulasi PTM juga tetap dimulai. Kata kuncinya yakni semua yang terlibat harus protokol kesehatan di mana pun berada”.

Tags: , ,