Dishub Solo : Flyover Purwosari Akan Beroperasi Penuh Akhir Januari 2021!

Pembangunan Flyover Purwosari sudah hampir selesai. Tepat hari ini, Kamis (17/12/2020), Direktorat Jendral Bina Marga Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menggelar uji coba internal pengoperasioan Flyover Purwosari di Jl. Slamet Riyadi Solo.

Flyover yang pembangunannya sudah dimulai sejak 8 Januari 2020 ini nantinya akan dibuka untuk umum sebagai uji coba secara masif oleh masyarakat pada 21-26 Desember 2020.

Pantauan Soloraya.id melalui acara diskusi virtual, Kabid Lalin Dinas Perhubungan (Dishub) Solo, Ari Wibowo, mengatakan bahwa nantinya setelah 5 hari dibuka untuk umum, Flyover Purwosari akan kembali ditutup untuk proses beautifikasi.

“Nantinya Flyover Purwosari akan dibuka selama 5 hari, mulai dari tanggal 21-26 Desember 2020. Kemudian Flyover Purwosari akan kembali ditutup untuk proses finishing lanjutan, yaitu beautifikasi yang rencananya jika tidak ada halangan akan selesai hingga akhir Januari 2021”, jelas Ari dalam siaran virtual “Overview” Tribun Network, Kamis (17/12/2020)

Ari juga menambahkan bahwa pembukaan akses Flyover Purwosari selama lima hari ini juga dapat mengurangi kemacetan yang sudah berbulan-bulan terjadi di Kota Solo karena banyaknya akses jalan yang dialihkan selama proses pembangungan jalur layang itu.

“Juga nanti untuk peresmian pembukaan Flyover Purwosari oleh Pemkot Solo akan digelar saat proses beautifikasi sudah selesai”, tambah Ari.

Sementara itu, seperti yang sudah diberitakan sebelumnya, terkait beautifikasi, nantinya di masing-masing ujung flyover akan dibuat ornamen berupa tugu yang menggambarkan gerakan tari Gambyong yang merupakan tarian selamat datang khas Jawa Solo.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) 1.6 Satker Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah 1 Jawa Tengah, Alik Mustakim mengatakan bahwa ornamen tugu yang menggambarkan gerakan tarian Gambyong itu adalah permintaan dari Pemerintah Kota (Pemkot) Solo.

Secara estetika, pemasangan pada area itu dianggap bagus namun tetap mengedepankan keamanan struktur, visibilitas, dan kejelasan jalan.

“Semacam tugu atau ornamen fisik tapi tidak terlalu besar. Struktur utama setinggi 12 meter, nanti struktur ornamen sekitar 15 meter. Ini kami pilih menyesuaikan clearance jalan selebar 4,6 meter”, ungkap Alik mengenai ornamen flyover Purwosari Solo.

Pembangunan flyover Purwosari menjadi satu dari sekian fasilitas umum yang dibangun Pemerintah Kota (Pemkot) Solo. Proyek ini telah menghabiskan anggaran hingga Rp 104 miliar dan tujuan pembangunan jalan layang ini sebagai bentuk upaya Pemkot mengurangi kemacetan yang terjadi di area Purwosari yang sering terjadi karena lintasan Kereta Api (KA).

Pembangunan flyover menjadi komitmen Kementerian PUPR akibat arus lalu lintas yang padat dan adanya double track sehingga intensitas kereta api bertambah.

Incoming search terms:

  • flyover purwosari kapan dibuka januari 2021
Tags: , ,