Dites Swab di Borobudur, 2 Wisatawan Positif Covid-19

Dites Swab di Borobudur, 2 Wisatawan Positif Covid-19

Dimulai 28 Oktober hingga 30 Oktober 2020, petugas Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang melakukan rapid test secara acak di halaman Kantor Tourist Information Center (TIC) Borobudur.

Selama dalam kurun waktu tiga hari digelar, 29 orang reaktif dalam screening kesehatan tersebut.

Setelah di-swab tes, alhasil terdapat dua orang yang positif Covid-19.

Dua orang wisatawan tersebut yakni berasal dari Medan dan Tangerang.

Mereka kemudian langsung diminta menjalani karantina secara mandiri.

Jika nantinya mengalami keluhan kesehatan, mereka diminta untuk segera menghubungi fasilitas kesehatan terdekat untuk dilakukan penangan lebih lanjut.

Pada hari Jumat (30/10/2020) lalu, Retno Indriastuti selaku Dinas Kesehatan Kota Magelang menuturkan, “Kami edukasi kepada keluarganya untuk antisipasi terjadinya penularan, harapan kami secepatnya putuskan isolasi mandiri di lokasi terdekat”.

Baca Juga:  Dua Anak Buah Edhy Prabowo Menyerahkan Diri Ke KPK

Untuk informasi, selama tiga hari petugas telah mengambil sampel darah 455 orang wisatawan secara acak.

Di hari kedua, delapan orang dinyatakan reaktif rapid test.

Kemudian setelah di tes swab, baik di hari pertama maupun hari kedua kedua, tidak ada wisatawan yang dinyatakan positif Covid-19.

Namun di hari ketiga, tercatat ada dua orang positif Covid-19 dari enam orang yang reaktif.

Retno menjelaskan, “Dari hasil rapid test yang kami lakukan terhadap 150 sasaran, pada Jumat (30/10/2020), ada enam orang di antaranya reaktif. Mereka yang reaktif langsung swab test hasilnya dua orang positif Covid-19″.

Tak dimungkiri, karena virus corona, jumlah pengunjung Candi Borobudur memang berkurang. Pada bulan Februari lalu, berdasarkan data kunjungan di Candi Borobudur, wisatawan mancanegara pada Februari 2020 berjumlah 11.506 orang atau anjlok 30 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu, yakni 16.642 wisman.

Tags: , ,