Diusulkan Jadi Plh Wali Kota Solo, Ini Respon Sekda Solo

Diusulkan Jadi Plh Wali Kota Solo, Ini Respon Sekda Solo

Seperti yang telah diberitakan sebelumnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Solo mengusulkan Sekretaris Daerah (Sekda) Solo yakni Ahyani menjadi pelaksana harian (Plh) Walikota Solo.

Hal tersebut dilakukan karena tujuh hari menjelang berakhirnya masa jabatan Walikota FX Hadi Rudyatmo dan Wakil Walikota Achmad Purnomo belum ada kepastian terkait adanya pelantikan Wali Kota dan Wakil Wali Kota terpilih.

Pada hari Kamis (11/2/2021) ini, Ahyani mengatakan, “Saya tidak mau berandai-andai soal penunjukan saya menjadi Plh Walikota Solo”.

Ia lebih memilih untuk menunggu arahan dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian.

Meski begitu, dirinya mengaku siap jika memang Mendagri memberikan amanah menjadi Plh Walikota Solo.

Ahyani menambahkan, “Terkait kepastian kebenaran hal tersebut (Plh Wali Kota Solo) saya menunggu keputusan Mendagri saja”.

Baca Juga:  Giliran Ahok Temui Gibran di Solo, Ini yang Dibahas

“Jabatan Plh hanya berfungsi menjalankan peran harian walikota tanpa memiliki kekuatan untuk mengambil kebijakan tertentu”, ungkapnya.

Sekda Solo itu juga menjelaskan bahwa masa jabatan Walikota FX Hadi Rudyatmo-Wakil Walikota Achmad Purnomo berakhir pada 17 Februari 2021 mendatang.

Dengan waktu yang tersisa, yakni tujuh tujuh hari lagi, seharusnya sudah ada kepastian terkait pelantikan Wali Kota-Wakil Wali Kota terpilih Gibran dan Teguh Prakosa.

Diberitakan sebelumnya, FX Hadi Rudyatmo selaku Wali Kota Solo menyampaikan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) akan menunjuk Sekretaris Daerah (Sekda) sebagai Pelaksana Harian (Plh) Wali Kota.

Pada hari Rabu (10/2/2021) kemarin, Rudy sapaan akrab Wali Kota Solo itu mengatakan, “Sekda jadi Plh, ya bagus. Dari Mendagri ada surat Sekda jadi Plh”.

Baca Juga:  Komisi V DPR RI Kunjungi Kawasan Ngarsopuro

Pihaknya juga menambahkan bahwa penunjukan tersebut tepat, mengingat pada Pilkada Kota Solo yang diselenggarakan beberapa waktu lalu, petahana tidak mencalonkan diri kembali pada periode berikutnya.

Rudy menjelaskan, “Sekda itu koordinator seluruh staf dan OPD yang ada di pemerintahan. Sekda juga merupakan ketua tim anggaran pendapatan daerah (APD) yang sudah membangun birokrasi di Kota Solo maupun yang ada dengan DPRD, sehingga kalau di plh-nya sekda itu pas”.

Tags: , ,