Dokter Positif Covid-19 di Solo Ajak Eks Pasien Donorkan Plasma

Dokter Positif Covid-19 di Solo Ajak Eks Pasien Donorkan Plasma

dr Khairul Hadi, SpKK adalah seorang dokter kulit dan kelamin di Kota Solo.

Yang bersangkutan kini sedang dirawat di ruang ICU di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr Moewardi Solo lantaran terinfeksi virus Covid-19.

Melalui video pendek berdurasi lebih dari satu menit, dr Hadi menceritakan bahwa dirinya sudah mendapatkan terapi plasma konvalesen lima hari yang lalu.

Ia mengatakan bawah kondisinya mulai membaik setelah mendapat terapi tersebut meski masih harus menggunakan pompa oksigen ke paru-paru.

Pada hari Jumat (4/12/2020) ini, dalam videonya dr Hadi bercerita, “Saya sudah mendapatkan terapi plasma konvalesen dua kantong, lima hari yang lalu. Rasanya setelah mendapatkan terapi plasma konvalesen, kondisi saya langsung mengalami cukup perbaikan, meskipun belum sembuh total”.

Ia juga meminta agar lebih banyak pasien Corona sembuh yang mendonorkan darahnya.

dr Hadi menambahkan, “Kalau teknologi plasma ini ditingkatkan, diolah sedemikian maka tidak perlu vaksinasi yang efektivitas vaksin cuma 1 – 1,5 tahun itu… Katakanlah yang sembuh dari Covid-19 di Indonesia ada 450 ribu orang ini didonor semua tiap bulan, maka plasmanya sudah bisa untuk membuat orang lain kebal Covid-19, sangat luar biasa”.

Video ajakan dokter Khairul Hadi itu juga diunggah oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di akun Instagramnya.

Ganjar juga mempersilakan netizen untuk mendaftar lewat kolom komentar maupun direct message (DM).

Dalam keterangan unggahan tersebut, Ganjar menulis sebagai berikut:

“Pesan dari sahabat dokter hadi teman gowes saya. Beliau sampaikan ‘Mas, monggo dihimbaukan utk yg sdh sembuh dr covid sedekah darah utk diambil plasma konvalesennya, klo ini berhasil sptnya jauh lbh kuat dan efektif drpd vaksin mas.’

Jika anda sembuh dr covid & ingin donor bisa daftar di sini atau DM. Ada yg siap donor?”.

Seperti yang diketahui, donor plasma konvalesen dikenal sebagai salah satu terapi bagi para penderita Corona agar bisa sembuh. Salah satu penyintas Corona yang sudah mendonorkan plasma darahnya yakni Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi.

Hendi, sapaan akrabnya, dalam keterangan tertulis hari Kamis (3/12/2020) kemarin mengatakan, “Saya salah satu orang yang terkena Covid-19, dan merasakan kesembuhan lewat metode plasma convalescent. Alhamdulillah saya merasakan bahwa ini metode yang luar biasa untuk membantu kesembuhan. Sehingga saya berdiskusi dengan para dokter, untuk metode ini bisa dimasifkan untuk membantu masyarakat Kota Semarang yang sedang terkena Covid-19″.

Tags: , ,