Dongkrak Pemilih Pilkada, KPU Solo Lantik Gerak Pasti

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Solo terus berupaya mendongkrak partisipasi pemilih Pilkada 2020 dengan menjaring calon anggota terpilih Penggerak Partisipasi (Gerak Pasti). Mereka akan menggarap lima basis pemilih, yakni pemilih pemula, agama, perempuan, difabel dan marginal.

Komisioner KPU Solo, Bambang Christanto, dalam wawancaranya dengan media pada Kamis (08/10/2020) mengatakan bahwa pelantikan akan dijadwalkan pada hari Jumat (09/10/2020) di Swiss Bel Hotel Gillingan, mulai jam 13.00 WIB.

“Setelah itu mereka akan terjun ke lapangan sesuai basis tugasnya yakni lima wilayah kecamatan,” terang Bambang.

Menurutnya, penjaringan 15 calon Gerak Pasti ini untuk mendongkrak partisipasi pemilih Pilkada Solo 2020 itu melalui perekrutan terbuka dan tes wawancara. Semula ada 29 pendaftar yang lolos tes administrasi. Dari jumlah itu, KPU Solo memilih 15 pendaftar merujuk hasil tes wawancara.

Baca Juga:  Boyolali Gelar Operasi Masker 3 Kali Sehari Untuk Tingkatkan Kesadaran Masyarakat

Bambang menyatakan proses pendaftaran dan tes wawancara calon anggota Gerak Pasti di Kantor KPU Solo tetap menerapkan standar protokol kesehatan, seperti memakai masker, pengercekan suhu tubuh dan pemisahan tempat tes.

Protokol kesehatan juga wajib ketika mereka bertugas mengajak masyarakat untuk memilih. “Tugas mereka mengedukasi masyarakat untuk menjadi pemilih yang cerdas, serta tidak mudah termakan hoaks maupun isu SARA. Anggota Gerak Pasti bertugas menyosialisasikan setiap tahapan Pilkada 2020 kepada warga,” tuturnya.

Tidak kalah penting dari meningkatkan partisipasi, Bambang melanjutkan anggota Gerak Pasti harus meyakinkan pemilih Solo agar tidak termakan politik uang (money politics).

Sebab, pilihan masyarakat yang akan menentukan siapa pemimpin Solo lima tahun ke depan. Artinya pilihan politik harus mendasarkan hati nurani dan logika berpikir masyarakat, bukan atas dasar pemberian uang.

Baca Juga:  Minibus Rombongan Wisata Kecelakaan di Jatiyoso

“Gunakan hak pilih kita dengan datang ke TPS. Pilih pasangan calon sesuai hati nurani dan pikiran kita,” serunya.

Tags: , ,