Dorong Ekpraf dan Lalin, Pemkot Solo Luncurkan “Teman Bus”

Meski ditengah pandemi yang belum usai, Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta tetap mendorong sektor ekonomi, pariwisata (ekpraf) dan juga peningkatan kelancaran lalu lintas (lalin).

Setelah selesai membangun flyover Purwosari dan juga underpass Suronotosari, Pemkot Surakarta bersama Kementrian Perhubungan kembali meresmikan dan menghadirkan moda transportasi aman dan nyaman yang diberi nama ‘Teman Bus’.

Keamanan, keselamatan, kenyamanan, keterjangkauan serta kesetaraan menjadi kunci utama dalam pelayanan sistem transportasi yang terintegrasi untuk mengakomodir kebutuhan serta menunjang kegiatan Soloraya.

Transportasi ini diresmikan oleh Walikota Surakarta, FX. Hadi Rudyatmo di Pendhapi Gede Balaikota Surakarta, Selasa (29/12/2020).

Dalam acara peresmian ini, Rudy, panggilan akrab Walikota, berpesan bahwa pengemudi moda transportasi baru ini bisa menjalankan slogan dari “Teman Bus” yang memiliki arti Tepat waktu, Efisien, Murah, Aman, Nyaman untuk Bekerja, Usaha, Sekolah.

“Kepada para pengemudi armada, saya meminta agar pelayanan selalu dijaga dan tepat waktu.” Ucap Rudy yang tertulis dalam unggahan akun Instagram resmi @humaspemkotsurakarta, Selasa (29/12/2020).

Baca Juga:  Lahan Pemakaman Jenazah Covid-19 di Solo Mulai Penuh

Armada Batik Solo Trans (BST) baru ini hadir dengan warna merah yang melambangkan semangat menyala-nyala. Selain itu juga warna merah sebagai bentuk perwujudan program baru.

Armada BST yang baru ini nantinya akan melayani perjalanan rute-rute di koridor  1 dan 2, yang merupakan jalan utama Kota Solo.

Untuk koridor 1 rutenya dari Bandara Adi Soemarmo Boyolali hingga Palur, Karanganyar. Sedangkan untuk koridor 2, rutenya dari Kartasura, Sukoharjo hingga Palur, Karanganyar (Via Terminal Tirtonadi Solo).

Jumlah unit armada BST yang baru diluncurkan ada 46 unit, terdiri dari 30 untuk koridor 1 (yang digunakan 27, sedangkan 3 untuk cadangan) dan 16 untuk koridor 2 (digunakan 14, 2 sisanya untuk cadangan).

Jumlah kursi sendiri untuk BST koridor 1 berjumlah 35 kursi sedangkan koridor 2 ada 25 kursi

Pada bulan 4 Juli 2020 silam, Pemkot Surakarta juga telah meluncurkan 2 armada BST “Teman Bus” baru yang melayani rute koridor 3 dan 4 namun masih dengan warna dominan biru.

Baca Juga:  Pasangan Bajo Tak Mau Gugat Hasil Pilkada Solo ke MK, Apa Alasannya?

Dihubungi oleh Soloraya.id, Kabid Angkutan Umum Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surakarta, Taufiq Muhamand, berharap dengan diluncurkannya unit armada BST “Teman Bus” ini, masyarakat bisa memanfaatkan fasilitas transportasi ini dengan baik.

“Saya berharap masyarakat mulai bisa untuk mencintai naik angkutan umum karena adanya angkutan umum ini kita juga ingin mewujudkan kota Solo sebagai green city dan kota dengan emsisi gas buang yang rendah”, jelas Taufiq kepada Soloraya.id lewat telewicara, Rabu (30/12/2020).

Untuk tarif nantinya sistem pembayaran akan menggunakan e-money atau uang elektronik namun untuk saat ini bagi Sobat Soloraya yang ingin menjajal armada baru ini bisa menikmati secara gratis.

Acara peresmian ini dilakuan dengan pemotongan tumpeng dan pemecahan kendi. Dalam acara peresmian ini juga dihadiri oleh beberapa pihak, diantaranya Dinas Pariwisata Kota Surakarta, Dishub Kota Surakarta, Polresta Surakarta dan Kodim 0735 Surakarta.

Tags: , ,