Driver Ojol CS Berkesempatan Punya Rumah Sendiri

Driver Ojol CS Berkesempatan Punya Rumah Sendiri

Pengemudi ojek online seperti Grab, Gojek dan pekerja informal lainnya kini punya kesempatan untuk dapat memiliki rumah sendiri. Metodenya adalah melalui Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera).

Komisaris BP Tapera Adi Setianto menjelaskan, pekerja informal punya kesempatan mengakses pembiayaan perumahan jika mereka mendaftar sebagai peserta Tapera.

Dikatakan bahwa memang ada penerima manfaat Tapera dalam kategori masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Artinya, disebutkan bahwa minimal Rp 1,7 juta hingga Rp 8 juta layak untuk didanai. Di bawah itu, ada juga kategori yang disubsidi oleh pemerintah.

“Mengenai subsidi, pemerintah bisa menyalurkan dengan tepat. Kalau yanh di bawah UMR ikut itu boleh, karena di PP begitu. Jadi setiap pekerja yang informal mau nabung monggo,” tegasnya.

Baca Juga:  Kemendikbud Sebut 123 Mahasiswa Positif Covid-19 Pasca Demo UU Cipta Kerja

Pekerja informal ini termasuk pemilik yang penghasilannya tidak pasti, seperti tukang ojek online (ojol) dll. Selama ini, pekerja informal harus berjuang untuk mendapatkan pembiayaan perumahan.

Dalam hal ini, Adi Setianto mengatakan bahwa pihaknya siap untuk membentuk organisasi yang bertanggung jawab atas operasi perbankan.

“Jadi bank itu syaratnya ribet untuk ngecek nasabah. Kebetulan saya dari perbankan, jadi syarat dengan bank apa sih? Kalau saya (Tapera) mau ambil alih boleh gak? Jadi nabung 12 bulan biasanya bank udah merem, karena dia liat cashflow,” tandasnya.

Dia mengatakan bahwa BP Tapera memiliki kekuatan untuk bernegosiasi dengan pihak bank. Karena jika para pekerja ini menabung di Tapera, arus kas yang akan diperhitungkan adalah Tapera.

Baca Juga:  KPK Lelang 11 Telepon Selular Rampasan Kasus Korupsi

“Nah insya Allah dengan 29 syarat perbankan insya Allah kita bisa nego dengan mereka karena yang dilihat kami,” tegasnya.

Tags: , , , ,