Dugaan Gratifikasi, Suharso Monoarfa Dilaporkan ke KPK

Dugaan Gratifikasi, Suharso Monoarfa Dilaporkan ke KPK

Pelaksana Tugas (Plt) Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Bidang Penindakan Ali Fikri membenarkan pihaknya telah menerima laporan terkait dugaan penerimaan gratifikasi Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa.

Menurut Ali, laporan dugaan penerimaan gratifikasi Suharso itu diterima KPK sejak Kamis (5/11/2020).

“Setelah kami cek, berdasarkan informasi yang kami terima benar ada laporan dimaksud (dugaan penerimaan gratifikasi Suharso Monoarfa),” kata Ali Fikri kepada wartawan di Jakarta, Jumat (6/11/2020).

Meski demikian, Ali mengaku pihakya belum bisa menjelaskan lebih detail terkait laporan terhadap Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Umum PPP itu.

Namun kata Ali, KPK akan melakukan langkah-langkah analisis lebih lanjut dengan melakukan verifikasi mendalam terhadap data yang diterima terkait laporan terhadap Suharso.

Baca Juga:  Sempat Mangkir Tanpa Alasan, KPK Jemput Paksa Eks Direktur PT Garuda Indonesia

“Selanjutnya akan dilakukan telaahan dan kajian terhadap informasi dan data tersebut,” jelasnya.

Dirinya memastikan apabila hasil telaah dan kajian menemukan adanya indikasi tindak pidana korupsi, maka KPK tentu akan mengambil langkah berikutnya terkait laporan dugaan penerimaan gratifikasi Suharso.

“Apabila dari hasil telaahan dan kajian memang ditemukan adanya indikasi peristiwa pidana maka tidak menutup kemungkinan KPK tentu akan melakukan langkah-langkah berikutnya sebagaimana hukum yang berlaku,” tegasnya.

Tags: , ,