Erick Thohir Datangi KPK, Ada Apa?

Erick Thohir Datangi KPK, Ada Apa?

Pada hari Rabu (8/7/2020) ini, Erick Thohir mendatangi Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Kedatangan Menteri BUMN itu menuai pertanyaan besar.

Nawawi Pomolango -Wakil Ketua KPK- tak mengelak adanya pembahasan mengenai kasus korupsi di BUMN. Terutama membahas mengenai ruang-ruang yang berpotensi terjadinya tindak korupsi.

Nawawi mengatakan, “Tidak secara khusus, hanya menyebutkan ruang-ruang yang potensi terjadinya tindak pidana korupsi di sejumlah BUMN.”

Namun, Nawawi tak mengungkapan lebih rinci. Ia hanya memastikan, KPK akan terus mengawasi tata kelola perusahan BUMN agar tidak terjadi hal-hal menyimpang. Bahkan lembaga anti korupsi itu akan bertindak keras jika menemukan kasus korupsi.

Selain soal potensi korupsi di tubuh BUMN, dalam pertemuan itu juga turut dibahas soal Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Termasuk mengenai dampak pandemi terhadap perusahaan BUMN.

Baca Juga:  Eks Sekretaris MA dan Menantunya Jalani Sidang Perdana Hari Ini

Nawawi menuturkan, “Bicara mengenai dampak Covid-19 pada kementerian BUMN dan penyelenggaraan Pemulihan Ekonomi Nasional”.

Dalam kesempatan terpisah, Ipi Maryati -Plt Jubir KPK- juga turut angkat bicara. Ia menambahkan, dalam pertemuan itu, Erick membahas dua hal dari enam skema pembiayaan penanganan Covid-19 yang secara langsung terkait dengan Kementerian BUMN, yaitu UMKM dan pembiayaan korporasi.

Meski semua mekanisme dan desain program saat ini belum selesai, Erick Thohir menyampaikan progres dari masing-masing skema termasuk terkait bantuan modal kerja dan penyertaan modal negara. Selain itu, Erick juga mengusulkan agar KPK dapat mengawal setiap tahapan lebih awal.

“Selanjutnya untuk pembahasan teknis disepakati akan dilakukan pada tingkat wamen dan kedeputian pencegahan dan pencegahan,” tutup Ipi.

Tags: , ,