Erick Tohir Sinergikan Kesehatan dan Ekonomi Tangani Covid-19

Erick Tohir Sinergikan Kesehatan dan Ekonomi Tangani Covid-19

Ketua Pelaksana Komite Pengendalian Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), Erick Thohir, mengakui bahwa mensinergikan sektor kesehatan dan ekonomi dalam menangani pandemi Covid-19 bukan hal yang mudah.

Sebab itu, Erick memastikan pihaknya akan bekerja keras untuk memenuhi keinginan Presiden Jokowi agar penanganan di sektor ekonomi dan kesehatan berjalan beriringan.

“Kami akan berusaha keras mati-matian, semua harus bersinergi,” ujar Erick dalam jumpa pers daring dari kantor Kementerian BUMN, Hari Senin (20/7/2020).

Erick menyampaikan, begitu mendapat tugas baru dari Jokowi tersebut, Erick langsung menggelar rapat. mengundang Ketua Satgas Percepatan Penanganan Covid-19, Doni Monardo, dan serta Ketua Satgas Pemulihan Ekonomi Nasional, Budi Gunadi Sadikin, Erick berharap pihaknya bisa segera menyusun dan menyelesaikan program yang akan mensinergikan penanganan Covid-19 dari sisi ekonomi dan kesehatan. Dengan begitupun, program tersebut bisa segera d ilaporkan ke Presiden Jokowi.

Baca Juga:  Kasus Jembatan Waterfront City, KPK Kembali Periksa 2 Pegawai PT Wijaya Karya

“Kita harapkan garis besarnya bisa (selesai) besok, sehingga Rabu kita sampaikan ke Pak Menko (Airlangga Hartanto). Pekan ini programnya insyaallah akan paparkan ke Presiden secara langsung,” ucapnya

Erick menegaskan dalam situasi sekarang penanganan Covid-19 dari sisi kesehatan dan perekonomian harus berjalan beriringan. Jika hanya berjalan salah satunya saja, maka akhirnya hal tersebut akan berdampak negatif ke kedua sektor.

“Misalnya saat ada second wave atau gelombang kedua, nanti ekonomi yang terkena lagi. Terbukti sejumlah bisnis sampai saat ini belum dibuka. Contohnya teman-teman di dunia perfilman,” lanjutnya.

Diberitakan, Presiden Jokowi membentuk Komite Kebijakan Pengendalian Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional lewat Peraturan Pemerintah yang diteken Senin (20/7/2020) hari ini. Sesuai namanya, komite tersebut akan mengoordinasikan kerja dua satgas, yakni Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 dan Satgas Pemulihan Ekonomi Nasional

Baca Juga:  KPK Periksa 2 Saksi Terkait Kasus Pencucian Uang Eks Bupati Cirebon

Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, menjabat sebagai ketua komite. Enam menteri lainnya menjabat sebagai wakil ketua komite yakni;

Menteri Koordinator Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD, Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto dan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.

Sementara Menteri Badan Usaha Milik Negar (BUMN) Erick Thohir ditunjuk sebagai ketua pelaksana komite. Adapun Satgas Penanganan Covid-19 tetap dipimpin Doni Monardo, sementara Satgas Pemulihan Ekonomi dipimpin Wamen BUMN Budi Gunadi Sadikin.

Tags: , ,