Evaluasi Hari Pertama Piala Menpora 2021

Evaluasi Hari Pertama Piala Menpora 2021

Pada hari Minggu (21/3/2021) kemarin, sebanyak dua laga tersaji dalam rangkaian hari pertama Piala Menpora 2021 di Stadion Manahan, Solo.

Pada pertandingan pembuka, Arema FC meladeni perlawanan Persikabo, sedangkan pada laga kedua, PSIS Semarang berjumpa Barito Putera.

Terlepas dari dua pertadingan yang berakhir dengan imbang itu, kedua laga yang tersaji telah membuat jalannya Piala Menpora 2021 terasa seru dan menegangkan.

Sementara itu, pelaksanaan Piala Menpora 2021 tersebut dinilai sesuai dengan harapan.

Penerapan protokol kesehatan (prokes) secara ketat juga sudah dilakukan oleh penyelenggara mulai dari awal hingga pertandingan digelar.

Namun, panitia masih mempunyai sejumlah catatan terkait penyelenggaraan ini.

Akhmad Hadian Lukita selaku Ketua Organizing (OC) menyampaikan bahwa dari hasil evaluasi banyak yang menilai sudah sesuai dengan yang diharapkan.

Lukito menuturkan, “Kami sudah mencoba beberapa protap sebelum pertandingan dimulai. Mulai dari kedatangan ada prosedur yang harus di-swab dulu seluruh pemain pas sampai di hotel dan menjelang pertandingan”.

Pihaknya juga menambahkan bahwa secara keseluruhan pertandingan Piala Menpora 2021 sudah berjalan tanpa ada hambatan.

Tetapi, dirinya tidak menampik jika memang masih ada catatan dalam penyelenggaraan ini.

Event pasti ada kekurangan dan saat menerapkan protokol kesehatan perlu orang yang lebih banyak. Karena tidak bisa orang meninggalkan atau warawiri ke suatu tempat,” jelasnya.

“Terutama flow harus dipantau betul, tamu harus sesuai dengan apa yang diundang, karena tidak semua tamu boleh masuk,” imbuhnya.

Seperti yang telah diberitakan sebelumnya, sepakbola Indonesia mengalami mati suri selama kurang lebih 11 bulan setelah Liga 1 tidak bisa berputar lagi sejak 15 Maret 2020.

Pandemi virus corona membuat nadi sepakbola tak bisa lagi berdenyut hingga akhirnya PSSI mendapat restu dari pemerintah Republik Indonesia dan kepolisian untuk menggelar turnamen pramusim yang dinamakan Piala Menpora.

Jika berdasarkan rencana dari PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB), turnamen pramusim ini digelar pada Maret, hingga April.

Pelaksanaan turnamen pramusim jadi tolok ukur apakah kompetisi sepakbola yang sesungguhnya bisa digelar di Indonesia, pada masa pandemi virus corona. Artinya, Piala Menpora boleh dibilang sangat krusial menentukan izin Liga 1 dan Liga 2

Tags: , ,