Facebook Siapkan Platform Pesaing Youtube

Facebook Siapkan Platform Pesaing Youtube

Terdengar kabar bulan depan Facebook tengah menyiapkan platform pesaing Youtube.

Mengutip dari Tech Crunch pada hari Kamis (16/7/2020) ini, aplikasi jejaring sosial Facebook sedang mempersiapkan meluncurkan video musik berlisensi di platformnya.

Wilayah Amerika Serikat akan menjadi yang pertama untuk mencoba terobosan baru ini.

Musisi atau artis yang sudah memiliki halaman di Facebook, diminta untuk beralih ke pengaturan baru supaya bisa memasukan video musiknya.

Terkait hal ini, pihak Facebook akan memberikan waktu sampai 1 Agustus.

Pengaturan baru tersebut memberikan izin kepada Facebook menambahkan video musik ke halaman mereka, yang nantinya para penggemar mereka dapat lebih mudah menonton di tab video di halamannya.

Baca Juga:  Rilis Single dan Video Klip Baru, Ariana Grande Jadi Presiden AS

Cara ini seolah olah menjadi titik temu persoalan yang terjadi. Sebelumnya, musisi yang terkait kontak dengan label besar di Amerika Serikat melarang Facebook untuk berbagi video secara penuh. Sehingga, label musik tersebut hanya membagikan cuplikan video musik berdurasi singkat di Facebook.

Pada bulan Desember lalu, menurut laporan dari Bloomberg, perusahaan besar ini tengah melakukan negosiasi dengan tiga perusahaan musik besar, yakni Sony Music Entertainment, Warner Music Group, dan Universal Music Group untuk mengantongi hak video musiknya.

Namun mengenai video online gratis, sampai saat ini Youtube masih mendominasi dengan lebih dari dua millyar pengunjung bulanan dan lebih dari 500 jam video yang diunggah di setiap menitnya di platformnya.

Tags: , ,