Fatwa MUI: Vaksin dari Sinovac Suci dan Halal

Fatwa MUI: Vaksin dari Sinovac Suci dan Halal

Seperti yang diketahui, pada hari Jumat (8/1/2021) ini, Majelis Ulama Indonesia (MUI) menggelar sidang pleno guna membahas aspek kehalalan terkait vaksin Covid-19.

Hasilnya adalah, MUI menyatakan bahwa vaksin virus corona buatan perusahaan asal China, Sinovac halal digunakan.

Dalam konferensi pers secara virtual, Asrorun Ni’am selaku Sekretaris Komisi Fatwa MUI mengatakan, “Setelah dilakukan diskusi panjang dari penjelasan auditor, maka komisi fatwa menyepakti bahwa vaksin Covid-19 yang diproduki Sinovac, suci dan halal”.

Untuk informasi, sidang digelar selama hampir dua jam diikuti pimpinan dan anggota komisi fatwa serta tim auditor Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetika (LPPOM) MUI.

Asrorun menambahkan, namun kebolehan penggunaan terkait aspek keamanan vaksin harus menunggu keputusan BPOM.

Baca Juga:  Kantor BPPKAD Solo Tutup 5 Hari Imbas 3 Pegawai Positif Covid-19

“Dengan demikian Fatwa MUI terkait dengan produk vaksin Covid-19 dari Sinovac akan menunggu hasil final dari Badan POM dari aspek Thoyib. Jadi Fatwa utuh akan disampaikan setelah aspek keamanan untuk digunakan”, katanya.

Adapun MUI telah melakukan audit lapangan terhadap vaksin Sinovac sejak vaksin masih berada di Beijing, China hingga tiba di Tanah Air dan disimpan di PT Bio Farma, Bandung.

Dari hasil audit lapangan tersebut, tim dari MUI pun melakukan sidang komisi fatwa untuk menentukan kehalalan vaksin.

Saat ini sudah terdapat 3 juta dosis vaksin Sinovac di Indonesia dan sudah didistribusikan ke sejumlah daerah.

Keputusan fatwa kehalalan vaksin ini sudah lama ditunggu masyarakat dan umat seiring berjalannya pemberian izin penggunaan darurat/EUA antivirus Corona produksi perusahaan Sinovac tersebut dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Baca Juga:  Inilah Peta 11 Zona Merah Covid-19 di Jawa Tengah

Izin EUA dan fatwa halal MUI ini akan menjadi lampu hijau penggunaan vaksin Covid-19 Sinovac agar bisa disuntikkan kepada masyarakat dan umat Islam.

Tags: , ,