Festival Dalang Cilik Solo Digelar Terbatas

Festival Dalang Cilik Solo Digelar Terbatas

Seperti yang diketahui, sempat batal lantaran pandemi Covid-19, akhirnya Festival Dalang Cilik kembali digelar.

Namun acara tersebut dilakukan secara terbatas dengan menampilkan sebanyak 10 dalang cilik selama dua hari, yakni pada 23-24 Februari 2021.

Lokasi acara tersebut mengambil tempat di Ndalem Joyokusuman, Solo.

Iis Purwaningsih selaku Kepala Bidang Pelestarian Budaya Dinas Kebudayaan Solo mengatakan bahwa gelaran kali ini murni dilaksanakan sebagai festival. Sedangkan pada tahun-tahun sebelumnya digelar seperti kompetisi.

Pada hari Selasa (23/2/2021) kemarin, Iis mengatakan, “Dulu kan isinya lomba, 14 dalang SD dan 14 SMP, ada lombanya. Kalau sekarang 5 dalang SD dan 5 SMP dan konsepnya benar-benar festival. Mereka biar datang itu gembira, tidak ada beban. Semua kami beri hadiah”.

Baca Juga:  Turnamen Pramusim Liga 2 Siap Dibentuk, Apa Respon Persis Solo?

Iis menyebut bahwa gelaran kali ini adalah bak pelipur hati anak-anak yang rindu dengan festival kebudayaan.

Pasalnya, selama setahun terakhir anak-anak tidak bersekolah tatap muka dan pemkot hanya menggelar kegiatan budaya via daring.

Ia menyampaikan, “Tahun lalu sebenarnya anak-anak itu sudah siap tampil, kita juga sudah siap 90 persen. Tapi empat hari sebelum festival dimulai, Solo ditetapkan KLB (kejadian luar biasa) Covid-19”.

Untuk informasi, sebelumnya terdapat 26 peserta yang mendaftar untuk Festival Dalang Cilik 2021 dengan mengirimkan karyanya.

Karya-karya peserta itu pun kemudian dikurasi dan terpilihlah 10 orang peserta yang tampil pada festival kali ini.

Lantaran masih dalam situasi pandemi, pelaksanaan Festival Dalang Cilik 2021 pun dibatasi 100 orang di dalam lokasi. Jumlah itu termasuk kru dan penonton.

Baca Juga:  Angka Kemiskinan di Karanganyar Capai 85.000 Orang

Sedangkan masyarakat bisa mengakses pertunjukan tersebut melalui YouTube.

“Ini rutin kita gelar sebagai cara meregenerasi dalang. Di Solo ternyata tidak cepat. Kita menjaring sebanyak-banyaknya, ternyata dapat 26 anak saja,” jelas Iis.

Tags: , ,