Finlandia: Covid-19 dan Pendidikan dan Pelatihan Kejuruan

Covid-19

Surakarta, SOLORAYA.ID – Negara Finlandia terkenal dengan sistem pendidikan terbaik di dunia. Bagaimana kondisi pembelajaran di Finlandia masa Covid-19?

Pemerintah Finlandia memutuskan pada 30 Maret bahwa pembatasan pengajaran kontak di berbagai tingkat pendidikan akan dilanjutkan hingga kondisi yang memungkinkan. Pengajaran berlanjut terutama dalam bentuk pembelajaran jarak jauh atau online.

Pemerintah memperbarui pembatasan sehingga pengajaran kontak dapat dimulai kembali di semua tingkat pendidikan sampai kondisi yang memungkinkan. Namun, direkomendasikan bahwa pembelajaran jarak jauh harus berlanjut sampai akhir tahun sekolah untuk semua selain pendidikan dasar. Negara-negara Nordik saling mengikuti tindakan satu sama lain dalam memenuhi tantangan Covid-19.

Badan Nasional Pendidikan Finlandia telah mendukung guru dan peserta didik dalam pembelajaran jarak jauh mereka. Dalam semua keadaan, pekerjaan utama guru adalah membimbing siswa; untuk ini, guru dapat menggunakan berbagai alat dan praktik digital.

Pelatihan di tempat kerja dapat dilanjutkan jika penyedia pendidikan dan pemberi kerja menganggap bahwa lingkungan kerja aman bagi siswa. Pemerintah merekomendasikan jarak sosial di tempat kerja jika memungkinkan dan, di beberapa sektor, ada pembatasan sementara yang disebabkan oleh karakteristik profesi tertentu. Jika keselamatan para siswa tidak dapat dipastikan, direkomendasikan bahwa pelatihan di tempat kerja harus dilanjutkan hanya ketika risiko tidak ada lagi.

Baca Juga:  3 Kecamatan di Karanganyar Jadi Fokus Razia Masker, Mana Saja?

Penilaian keterampilan didasarkan pada demonstrasi kompetensi dalam lingkungan kerja nyata; tidak ada ujian akhir dalam Bahasa Finlandia VET. Jika tidak mungkin dalam situasi ini untuk mengatur demonstrasi kompetensi di tempat kerja untuk semua siswa, penyedia pendidikan memberikan prioritas kepada mereka yang dijadwalkan untuk menyelesaikan kualifikasi dan lulus musim semi ini.

Demonstrasi kompetensi juga dapat diselenggarakan di lingkungan belajar seperti tempat kerja lainnya di luar lembaga pendidikan, seperti lokasi konstruksi penyedia pelatihan atau peternakan pengajaran sendiri. Bukti harus selalu diatur sedemikian rupa sehingga metode menunjukkan kompetensi sesuai sedekat mungkin dengan tugas kerja otentik dan proses kerja, memungkinkan penilaian keterampilan profesional. Jika ini tidak memungkinkan, demonstrasi dan penilaian kompetensi harus ditunda.

Baca Juga:  Kantor Leasing di Solo Jadi Klaster Baru Covid-19

Dalam pendidikan dan pelatihan kejuruan, pembelajaran selain demonstrasi kompetensi akan seperti yang direncanakan tetapi dengan bantuan alat digital. Dalam hal ini tidak memungkinkan, indikasi dan penilaian pembelajaran akan ditunda.

Dalam pendidikan dan pelatihan kejuruan, pembelajaran selain demonstrasi kompetensi akan seperti yang direncanakan, tetapi dengan bantuan alat digital. Dalam hal ini tidak memungkinkan, indikasi dan penilaian pembelajaran akan ditunda.

Dukungan seperti itu juga harus tetap tersedia setelah krisis Covid-19. Tahun ajaran yang akan datang membutuhkan kerja ekstra untuk memulihkan defisit dan perbedaan dalam belajar dalam keadaan luar biasa ini. Ini berarti investasi tambahan dalam pengajaran dan bimbingan serta tindakan pendukung lainnya. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah mempersiapkan tindakan ini. **

Tags: , ,