Flyover Purwosari Dibuka, Dishub : Mohon Warga Jangan Selfie!

Penantian Sobat Soloraya untuk bisa melintas Flyover atau jalan pintas atas yang baru di area Purwosari yang berlokasi di Jl Slatem Riyadi akhirnya terbayarkan.

Flyover Purwosari resmi dibuka untuk uji coba khalayak umum tepat hari ini, Senin (21/12/2020) dan pembukaan dilakukan langsung oleh Wali Kota Solo, FX. Hadi Rudyatmo pada jam 08.57 WIB.

Melalui telewicara dengan Soloraya.id, Kabid Lalin Dinas Perhubungan (Dishub) Solo, Ari Wibowo, menerangkan bahwa sebelumnya dilakukan uji coba internal pada hari Kamis (17/12/2020).

Uji coba ini melibatkan semua jenis kendaraan dari dishub dan pihak-pihak terkait, mulai dari sepeda motor, mobil, bus tingkat hingga truk.

Ari menjelaskan bahwa Flyover secara umum sudah layak untuk digunakan namun ada beberapa sarana penunjang  yang belum terinstalasi secara lengkap, seperti marka jalan hingga penerangan jalan umum (PJU) yang rencananya ditarget bisa terinsitalasi secepatnya.

“Marka tengah jalan itu belum ada, beberapa bagian belum selesai dan juga PJU (Penerangan Jalan Umum) baru dipasang 2 tok dan rencananya mau dikebut hari ini bisa dan selesai hari ini juga, yang lain hanya penyempurnaan saja seperti menambah rambu-rambu tapi secara prinsip sudah layak digunakan”, jelas Ari kepada Soloraya.id, lewat telepon, Senin (21/12/2020)

Baca Juga:  Tinjau Masjid Sriwedari, Gibran Ungkap Dana CSR Seret Karena Covid-19

Dengan dibukanya akses Flyover Purwosari ini, tentunya ada dampak secara signifikan dari sisi lalu lintasnya. Berdasarkan pantauan Ari melalui CCTV kota, area Manahan, dari Kapolresta hingga Flyover Manahan yang biasanya padat merayap menjadi landai karena para pengguna jalan memilih jalur ke Flyover Purwosari namun Ari menghimbau kepada masyarakat untuk bisa menggunakan akses jalan dengan bijak agar tidak terjadi kepadatan lalu lintas.

“Mungkin karena masyarakat pada ingin mencoba lewat Flyover baru ini ya, tapi ya saya menghimbau kalau masyarakat bisa menggunakan jalur lalu lintas dengan bijak, kalau memang lebih dekat lewat Flyover Purwosari ya silahkan tapi kalau dekat lewat akses lain ya lewat akses yang terdekat aja jangan terlalu memfavoritkan akses jalan tertentu”, tambah Ari.

Karena masih bersifat uji coba, akses lintas Flyover Purwosari ini hanya berlangsung hingga tanggal 26  Desember dan kemudian akan ditutup kembali untuk penyempurnaan dan juga beautifikasi dimana nanti akan dibuat ornamen tugu tari Gambyong di bagian masing-masing ujung flyover dan rencana bisa selesai pada akhir Januari 2021.

Baca Juga:  UMKM Dapat Keringanan Terkait Pembayaran Royalti Lagu dan Musik

Ari juga berharap bahwa masyarakat dapat mengoptimalkan jalur baru ini dan dirinya juga meminta maaf kepada warga jika flyover belum sepenuhnya selesai. Dia juga mengingatkan kepada warga untuk tidak menggunakan jalur lambat di flyover atas untuk berswafoto (selfie) karena jalur lambat itu hanya digunakan jika ada perbaikan.

Bagi para goweser, Ari memperbolehkan untuk bisa lewat selama satu minggu ini dan nantinya untuk keputusan final akan dibuat berdasarkan evaluasi selama uji coba satu minggu ini.

Pembangunan Flyover Purwosari ini merupakan proyek dari pemerintah pusat melalui APBN. Pembangunan ini telah memakan dana sebesar Rp 104 Miliar dan berlangsung sejak 8 Januari 2020 silam.

Tags: , ,