FX Rudy: Mendagri tunjuk Sekda sebagai Plh. Wali Kota

FX Rudy: Mendagri tunjuk Sekda sebagai Plh. Wali Kota

Seperti yang telah diberitakan sebelumnya, pada 17 Februari 2021 mendatang, masa jabatan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Solo yaitu FX Hadi Rudyatmo dan Achmad Purnomo akan berakhir.

Namun, belum ada kejelasan terkait pelantikan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Solo terpilih yakni Gibran Rakabuming Raka dan Teguh Prakosa.

FX Hadi Rudyatmo selaku Wali Kota Solo menyampaikan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) akan menunjuk Sekretaris Daerah (Sekda) sebagai Pelaksana Harian (Plh) Wali Kota.

Pada hari Rabu (10/2/2021) kemarin, Rudy sapaan akrab Wali Kota Solo itu mengatakan, “Sekda jadi Plh, ya bagus. Dari Mendagri ada surat Sekda jadi Plh”.

Pihaknya juga menambahkan bahwa penunjukan tersebut tepat, mengingat pada Pilkada Kota Solo yang diselenggarakan beberapa waktu lalu, petahana tidak mencalonkan diri kembali pada periode berikutnya.

Rudy menjelaskan, “Sekda itu koordinator seluruh staf dan OPD yang ada di pemerintahan. Sekda juga merupakan ketua tim anggaran pendapatan daerah (APD) yang sudah membangun birokrasi di Kota Solo maupun yang ada dengan DPRD, sehingga kalau di plh-nya sekda itu pas”.

Rudy juga menyebut bahwa jika selama satu minggu penunjukan tersebut belum juga ada pelantikan wali kota baru, maka Plh akan ditunjuk sebagai pejabat sementara (Pjs).

“Mengenai pelantikan (wali kota baru) sejauh ini belum ada informasi, itu (dari Mendagri) ke gubernur. Atas nama Mendagri kemudian yang melantik adalah Gubernur,” terang Rudy.

Diberitakan sebelumnya, Gibran mengatakan bahwa blusukan secara virtual (online) dan tatap muka akan masih dipertahankan setelah dirinya dilantik.

Diketahui, gaya berinteraksi tersebut pernah diterapkan putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada saat kampanye Pilkada 2020 lalu.

Pada hari Selasa (9/2/2021) kemarin, Gibran menuturkan, “Iya kombinasi. Kemarin waktu kampanye kan juga kombinasi. Ada yang lewat virtual, ada yang saya turun langsung. Pokoknya kombinasi”.

Ia menilai bahwa blusukan online efektif dalam mengurangi kerumunan massa.

Meskipun tidak bertemu secara langsung, dirinya masih bisa berkomunikasi dengan masyarakat.

Ia juga mengaku telah menyiapkan sejumlah program yang bakal ia jalankan ketika menjabat Wali Kota Solo.

Beberapa di antaranya merupakan kelanjutan dari program-program Wali Kota Solo F.X. Hadi Rudyatmo, salah satunya adalah Mider Projo.

Tags: , ,