Ganjar Ingin PTM Dimulai Dari Perguruan Tinggi

Ganjar Ingin PTM Dimulai Dari Perguruan Tinggi

Ganjar Pranowo selaku Gubernur Jawa Tengah (Jateng) mengusulkan bahwa kegiatan belajar mengajar secara tatap muka (PTM) pada masa pandemi Covid-19 dimulai lebih dulu dari tingkat perguruan tinggi.

Hal tersebut bahkan telah dibicarakan dengan pemerintah pusat.

Hal terkait PTM dimulai dari tingkat perguruan tinggi tersebut juga disampaikan saat mendampingi Presiden Joko Widodo dan Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian sekaligus Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), Airlangga Hartanto, saat meninjau pelaksanaan vaksinasi di Semarang pada pada hari Rabu (10/3/2021) lalu.

Ganjar mengatakan, “Sudah kita bicarakan dengan Pak Menko juga persiapan sekolah masuk. Kita persiapkan dengan baik, simulasinya. Kita mungkin akan memulai dari perguruan tinggi (kegiatan belajar tatap muka)”.

Ia juga menyampaikan bahwa bila nanti pembelajaran tatap muka (PTM) kembali dibuka sebaiknya tidak langsung secara menyeluruh. Artinya bahwa siswa yang diizinkan masuk jumlahnya akan dibatasi.

Seperti yang diketahui, rencana pembukaan kembali PTM sekolah adalah sesuai dengan instruksi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim.

Mendikbud telah menargetkan vaksinisasi untuk tenaga pendidikan di Indonesia bisa rampung pada bulan Juni 2021. Dengan begitu, proses belajar mengajar tatap muka bisa digelar pada Juli 2021, dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan yang ketat.

Namun, Ganjar belum memberikan keputusan atas usulan Mendikbud tersebut.

Ketika disinggung terkait dengan pelaksanaan vaksinasi di Jateng, Ganjar mengaku bahwa saat ini proses tersebut sudah berjalan dengan baik.

Beberapa kelompok masyarakat mulai dari tenaga kesehatan, pelayan publik, wartawan, santri, ulama, dan tokoh masyarakat sudah menerima vaksin Covid-19.

Tags: , ,