Geger, Organisasi Tunggal Rahayu Mengganti Lambang Garuda Menghadap ke Depan

ormas ganti lambang negara di Garuda

Pemerintah Kabupaten Garut, Jawa Barat dibuat geger setelah menerima berkas permohonan izin ormas Tunggul Rahayu, yang mana setelah diperiksa mengganti lambang negara dan juga mencetak uang sendiri (9/9/2020).

Akibat adanya kejadian tersebut membuat heboh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Garut.

Organisasi kemasyarakatan bernama Tunggal Rahayu ini mengganti lambang lambang Garuda menghadap ke depan, juga da penambahan mahkota di atas kepala Garuda.

Ormas ini juga menambahkan kalimat lain di bawah tulisan Bhineka Tunggal Ika, yakni “Soeneta Logawa”.

Hal lain yang membuat makin geger adalah adanya duit yang ormas ini pakai. Duit ini mereka cetak sendiri, dan gambar yang ada di duit tersebut foto penanggung jawab ormas itu sendiri.

Baca Juga:  Ganjar Pranowo Meminta Pemerintah Mendaftarkan Kebaya ke UNESCO

MR. Prof. Ir. Cakraningrat alias Surtarman nama ketua organisasi Kandang Wesi Tunggul Rahayu sebagaimana dalam surat yang ditunjukkan oleh Wahyudijaya Kepala Bakesbangpol Garut (8/9/2020).

“Saat ini kami masih dalami bagaimana gerakannya, yang pasti hasil di lapangan mereka mengubah lambang negara kita, yaitu burung garuda,” ungkap Wahyudijaya.

Tindakan mengganti lambang negara ini telah melanggar undang-undang di Indonesia.

“Dengan mengubah lambang Garuda Pancasila, maka ormas itu sudah melakukan pelanggaran” kata Raden Iip Hidajat Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Jawa Barat.

Ormas ini disinyalir sudah mencapai pengikut ribuan orang yang tersebar tidak hanya Garut namun sudah keluar seperti di Majalenka.

Incoming search terms:

  • organisasi tunggal rahayu
Tags: , ,