Gibran Akan Revitalisasi Taman Balekambang

Wali Kota Solo Gibran dan Dirjen Cipta Karya Kemen PUPR Diana Kusumastuti meninjau Taman Balekambang.

Pada hari Jumat (26/3/2021) kemarin, Wali Kota Solo yakni Gibran Rakabuming Raka bersama Direktur Jenderal (Dirjen) Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR) Diana Kusumastuti meninjau Taman Balekambang.

Dalam peninjauan tersebut, rombongan berkeliling melihat-lihat kondisi di bagian-bagian Taman Balekambang, yakni seperti gedung seni, area open stage, lahan parkir, pagar luar dan area yang masih milik Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng, dan gapura taman sisi utara.

Taman Balekambang rencananya akan dijadikan sebagai pusat kebudayaan Kota Solo.

Sehingga akan ada pembenahan atau melanjutkan revitalisasi di taman peninggalan Keraton Mangkunegaran ini.

Gibran mengatakan, “Kita pengin Taman Balekambang jadi pusat kebudayaan Kota Solo”.

Ia menjelaskan bahwa nantinya akan ada beberapa yang ditambahkan dan beberapa yang harus disentuh sedikit.

“Nanti-nanti jangan bicara itu dulu. Ini baru survei bersama Bu Diana (Dirjen Cipta Karya), jadi belum ada hasilnya”, ungkapnya.

Sementara itu, Mochamad Basuki Hadimoeljono selaku Menteri PUPR rencananya akan meninjau langsung Taman Balekambang.

Nantinya hasil-hasil dari survei tersebut akan disampaikan ke menteri PUPR untuk bisa dikerjakan.

“Rencana Pak Menteri mau jenguk, jadi ini survey dulu. Jadi biar nanti pak menteri datang bisa langsung plek-plek gitu,” tambah Gibran.

Pada kesempatan itu, Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR Diana Kusumastuti mengatakan, “”Ini baru langkah awal untuk melanjutkan revitalisasi Taman Balekambang. Yang sudah dibangun mana saja, yang kurang mana saja, baru parkiran dan pagar yang dibangun ya. Kepastiannya menunggu kunjungan Menteri PUPR besok Sabtu (27/3/2021)”.

Sekda Kota Surakarta Ahyani yang juga ikut mendampingi rombongan mengatakan bahwa Taman Balekambang pada 2019 dikunjungi oleh 2.600 wisatawan yang menunjukkan bahwa taman itu menjadi salah satu destinasi favorit di Jateng selain Candi Borobudur.

Incoming search terms:

  • Gibran Bersama Dirjen Cipta Karya Jenguk Taman Balekambang T
Tags: , ,