Gibran Desak Revitalisasi Pintu Air Demangan Solo Segera Dirampungkan

Gibran Desak Revitalisasi Pintu Air Demangan Solo Segera Dirampungkan

Wali Kota Solo yakni Gibran Rakabuming Raka mendesak agar pembangunan pintu air Demangan Solo segera direalisasikan.

Hal ini dikarenakan keberadaan pintu air tersebut sebagai salah satu upaya untuk mengendalikan banjir di Kota Bengawan.

Pada hari Minggu (4/4/2021) kemarin, Gibran mengatakan, “Revitalisasi pintu air Demangan ini segera diselesaikan. Ini biar bisa dinikmati manfaatnya”.

Sekadar informasi, revitalisasi pintu air Demangan yang dikerjakan oleh Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo (BBWSBS) dipakai untuk pengendali banjir.

Pasalnya, Kota Solo di wilayah Sangkrah, Sewu atau Semanggi sering banjir luapan dari Sungai Bengawan Solo atau Sungai Pepe yang berada di pintu air Demangan.

Putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu menjelaskan, “Pintu air Demangan memang salah satu pengendali banjir di Kota Solo. Makanya harus segera diselesaikan pengerjaannya”.

Gibran juga memberikan masukan terkair proyek yang sedang dikerjakan tersebut.

“Nantinya pintu air Demangan juga bisa dipakai sebagai obyek wisata dan sarana olahraga dengan joging track“, katanya.

Sementara itu, Yudi Triana Dewi selaku PPK dari BBWSBS menjelaskan bahwa proyek pintu air Demangan ini merupakan tahap kedua.

Di mana proyek tersebut menyasar konstruksi pintu air, mekanikal elektrikal, rumah pompa, rumah jaga, rumah genset, revetment dan lansekap.

Yudi menuturkan, “Ini sudah proyek tahap dua dengan anggaran Rp 71 miliar. Untuk pengerjaannya mulai 2 Oktober dan ditarget rampung 25 Desember 2021 nanti”.

Ia menyebut bahwa untuk proyek tahap pertama sudah selesai dengan menyelesaikan struktur fondasi beton untuk pintu air dan pompa. Anggaran untuk tahap pertama Rp 41 miliar.

Pihaknya juga menambahkan bahwa pada proyek tahap kedua ini masih ada beberapa kendala yang harus diselesaikan dan di mana masih adanya 3 rumah di RW 13 Kelurahan Sangkrah yang sangat dekat dengan pintu air.

Ia menyampaikan, “Itu harus segera direlokasi agar saat pengerjaan bisa lancar dan sesuai target”.

Tags: , ,