Gibran Ingin Sulap Ngarsopuro Jadi ‘Malioboro’ Solo

Gibran Ingin Sulap Ngarsopuro Bakal Jadi 'Malioboro' Solo

Pemerintah Kota (Pemkot) Solo sedang mengkaji terkait rencana mengubah kawasan Jalan Gatot Subroto, Kelurahan Jayengan, Kecamatan Serengan hingga Jalan Diponegoro, Kelurahan Keprabon, Kecamatan Banjarsari (Ngarsopuro) menjadi layaknya kawasan Jalan Malioboro, Yogyakarta.

Ditambah lagi perbincangan dengan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yakni Basuki Hadimoeljono telah dilakukan.

Bersama Basuki, Gibran meninjau kawasan strategis yang ada di Jalan Diponegoro dan Jalan Gatot Subroto, hari Sabtu (27/3/2021).

Kepada Menteri PUPR, Gibran menyatakan terkait keinginannya agar kawasan Ngarsopuro bisa menjadi “Malioboro-nya Solo”.

Gibran menuturkan, “Intinya saya ingin Ngarsopuro ini jadi Malioboro-nya Solo tentu saya melihat potensi sebagai tempat wisata”.

Meski begitu, Pemkot Solo masih menunggu Detail Engineering Design (DED).

“Ya nanti dulu Kita rapihkan sedikit-sedikit. Ini baru dibuat DED-nya” ujarnya.

Gibran berharap perbaikan kawasan Ngarsopuro dapat meningkatkan daya tarik wisatawan sehingga perekonomian masyarakat di sekitar dapat membaik.

Untuk informasi, rencana menjadikan kawasan Ngarsopuro sebagi Malioboro-nya Solo, muncul sejak era Wali Kota Joko Widodo. Ayah Gibran itu sudah memulai rencana tersebut dengan menata sekitar Pasar Triwindu di Jalan Diponegoro atau Ngarsapura. Kawasan yang dulunya semerawut, saat ini menjadi rapi.

Namun sayang rencana menjadikan kawasan Ngarsapura seperti kawasan Jalan Malioboro di Kota Yogyakarta harus tertunda, setelah Jokowi ikut Pilkada DKI Jakarta dan saat ini menjabat sebagai Presiden Republik Indonesia.

Tags: , ,