Gibran Jamin Kemudahan Perizinan bagi UMKM

Gibran Jamin Kemudahan Perizinan bagi UMKM

Gibran Rakabuming Raka selaku Wali Kota Solo menjamin perizinan usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Kota Solo dipermudah.

Semua kebutuhan perizinan UMKM cukup satu pintu di Mal Pelayanan Publik (MPP).

Usai penandatanganan kerja sama antara Pemkot dengan salah satu marketplace, pada hari Jumat (23/4/2021) lalu, Gibran mengatakan, “Untuk mengurus BPOM, pelaku UMKM bisa langsung ke kantor BPOM Solo. Nanti akan dibantu di sana. Saya yakin akan dimudahkan. Karena kepala BPOM Solo sudah menghadap saya. Meskipun memang prosesnya ketat. Tapi itu demi memastikan kualitas produk UMKM”.

Pihaknya optimistis bahwa UMKM di Kota Solo dapat berkembang pesat, bahkan bisa menembus pasar ekspor. Gibran menyebut bahwa banyak produk potensial yang dihasilkan.

Tetapi, sejauh ini para UMKM masih menghadapi masalah klasik, yakni cara mengelola cash flow.

Putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu mengatakan, “Banyak juga UMKM yang belum bankable. Belum bisa mengakses perbankan. Maka melalui kerja sama ini, tolong UMKM ini dibantu cara mengelola cash flow dan financial report. Agar mereka bisa mengakses bank dan bisa berkembang pesat”.

Dengan bergabung ke marketplace, UMKM bisa membuka pasar yang lebih luas. Gibran meminta para UMKM tidak perlu khawatir.

Pasalnya, pemkot berkomitmen mempercepat pemulihan ekonomi dengan membuka diri kepada semua pihak yang akan membawa dampak positif bagi UMKM Solo.

“Karena potensinya sangat besar. Tinggal perlu sentuhan sedikit. Seperti pemasaran dan packaging. Di Solo sudah ada 40 ribu UMKM yang bergabung di Shopee. Semoga bisa dinaikkan kelasnya. Dibantu marketing-nya. Sayang jika tidak meningkat omzetnya karena tidak dikelola dengan baik”, jelasnya.

Tags: , ,