Gibran Minta RS Lapangan di Benteng Vastenburg Tetap Buka hingga Lebaran

Gibran Minta RS Lapangan di Benteng Vastenburg Tetap Buka hingga Lebaran

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka meminta agar keberadaan rumah sakit darurat Covid-19 di Benteng Vastenburg tetap beroperasi minimal hingga setelah Hari Raya Idul Fitri.

Hal tersebut untuk mengantisipasi kenaikan kasus saat libur jelang Lebaran 2021.

Pada hari Minggu (28/3/2021), Gibran menuturkan, “Kita ingin Rumkitlap (rumah sakit lapangan) ini bisa tetap buka sampai Lebaran. Ini untuk jaga-jaga kalau nanti banyak masyarakat yang mudik”.

Putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu menyebut bahwa kasus Covid-19 di Kota Solo saat ini sudah mulai landai. Bahkan, sudah tidak ada lagi zona merah.

Sejumlah rumah sakit bahkan telah mengajukan izin untuk mengubah ruang isolasi, untuk kembali dijadikan ruang perawatan.

Baca Juga:  KAI Commuter Terbitkan Kartu Multi Trip Edisi Khusus Solo

Gibran menjelaskan, “Kalau kasusnya sudah turun, sudah menuju hijau. Tapi kita tetap antisipasi arus mudik Lebaran. Jadi kita akan minta supaya tetap beroperasi sampai setelah lebaran”.

Suami Selvi Ananda itu menyebut bahwa sejak diresmikan oleh Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Bakti Agus Fadjari pada hari Rabu (24/2/2021) lalu tidak ada pasien yang dirawat di Rumkitlap tersebut.

“(Sampai sekarang) belum ada pasien yang dirawat di Rumkitlap Vastenburg. Kalau bisa jangan sampai ada”, kata Gibran.

Selain itu, pihaknya juga meminta kepada masyarakat untuk menahan diri tidak mudik pada Lebaran 2021 ini, larangan mudik ini bertujuan baik untuk mencegah penyebaran virus Corona.

“Saya tahu mungkin banyak sekali warga masyarakat yang protes masalah kebijakan mudik ini, tapi saya mohon sekali lagi, mungkin tahun ini kita menahan diri dulu untuk tidak mudik”, ucapnya.

Baca Juga:  Dishub Solo: Transportasi Dalam Kota Tetap Jalan

Untuk informasi, rumah sakit (RS) lapangan yang dibangun di area Benteng Vastenburg Solo merupakan inisiasi dari Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Jenderal TNI Andika Perkasa. RS dengan 100 bed tersebut akan difungsikan untuk merawat warga Solo Raya yang terpapar Virus Corona pada level ringan hingga sedang.

RS yang dilengkapi peralatan canggih itu akan dioperasionalkan oleh 100 tenaga kesehatan dari Rumah Sakit Tentara (RST) Slamet Riyadi Solo.

Tags: , ,