Gibran Minta Semua OPD Punya Akun Medsos untuk Kanal Aduan Masyarakat

Gibran Minta Semua OPD Punya Akun Medsos untuk Kanal Aduan Masyarakat

Gibran Rakabuming Raka selaku Wali Kota Solo meminta kepada semua kepala dinas untuk memiliki akun media sosial (medsos).

Gibran menilai bahwa jika kepala dinas memiliki akun medsos, dapat menerima keluhan dari masyarakat secara cepat. Selain itu, aduan melalui medsos bertujuan agar lebih cepat tertangani.

Seperti yang diketahui, selama ini Pemerintah Kota (Pemkot) Solo sudah memiliki saluran pengaduan warga lewat Unit Layanan Aduan Surakarta (ULAS).

Melalui ULAS, masyarakat dapat mengadukan layanan publik yang tidak memuaskan secara daring via laman pengaduanmasyarakat.surakarta.go.id.

Pada hari Senin (1/3/2021) kemarin, Gibran menuturkan, “Kita penginnya serba cepat. Kalau kemarin instruksi Pak Ganjar waktu pelantikan, seluruh kepala dinas dan kepala daerah harus punya akun media sosial. Jadi akun sosial media ini dijadikan kanal aduan”.

Gibran juga memberikan contoh adanya warga yang mengeluhkan jalan di Solo yang berlubang, sehingga menjadi tempat air menggenang. Laporan tersebut diklaimnya langsung ditangani.

“Kita kemarin sudah mulai. Aduan masyarakat tentang aspal bolong, genang air itu nanti sudah secara fast respond kita tangani semua”, jelasnya.

Menurutnya aduan lewat media sosial juga bisa lebih efektif.

Wali Kota yang dilantik pada hari Jumat (26/2/2021) lalu itu juga menyampaikan bahwa permintaan agar setiap OPD punya akun medsos sudah ia sampaikan dalam rapat staf perdana di Balai Tawangarum, Kompleks Balai Kota Solo, Senin (1/3/2021) pagi.

Menurutnya, pembuatan akun media sosial merupakan bagian dari smart city dan reformasi birokrasi.

Terkait ULAS, Gibran menyebutkan, “ULAS memang sudah berjalan baik, tapi selama ini warga lebih terbuka kalau sambatnya melalui wali kota langsung. ULAS kan keluhannya ditulis, dibaca banyak orang. Kami ingin yang lebih private (tertutup) dan fast response (respons cepat)”

Tags: , ,