Gibran Optimistis Tahun Depan, UMKM Solo Mampu Bangkit

Gibran Rakabuming Raka menegaskan dampak hantaman Covid-19. Ia tetap otimistis pelaku UMKM Solo akan bangkit pada tahun depan. Demikian diungkapkan suami dari Selvi Ananda ini saat saat menjadi pembicara pada Rapimkota Kadin, Senin (21/9).“Ekonomi Solo masih tangguh dan siap bangkit lagi di tahun depan. Jadi saya optimistis tahun depan UMKM Solo bangkit,” ujar Gibran.

Ia mencontohkan ada suplier wedangan di Kampung Baron, Purwosari, Laweyan di temgah pandemi dalam satu hari pemasukannya bisa sampai Rp 15 Juta. Hal ini menjadi bukti UMKM di Solo ada yang tahan banting terhadap Covid-19.

“UMKM ini yang harus kita dampingi dan harus dicontoh stategi bisnisnya untuk kembangkan,” kata dia.

Baca Juga:  Keraton Solo Menggelar Kirab Gunungan Sekaten Solo, Sabtu 8 Oktober 2022

Dikatakannya pendampingan diperlukan agar UMKM bisa naik kelas dengan meningkatkan kualitas bisnis mereka. Pendampingan nanti meliputi bagaimana bisa membuat branding.

“Ketika ada yang beli di situ jangan diberi kemasan plastik tetapi ‘food grade’. Itu akan menarik konsumen untuk datang membeli lagi,” tutur dia.

Selain itu, pihaknya memdorong agar pelaku UMKM Solo bisa melakukan transformasi digital. Aspek ini juga sangat penting terutama di tengah pandemi yang mengurangi interaksi tatap muka.

“Kalau pelaku usaha kuliner belum gabung ke gofood atau grabfood kamu pasti mati’. Yang jualan jilbab, sudah gabung Lazada, Shopee (market place) belum, kalau belum kamu pasti mati,” katanya.

Ia menambahkan, dengan alih teknologi dan membuat branding yang tepat UMKM akan terus eksis. Untuk mewujudkannya harus diberikan pelatihan dan pendampingan.

Tags: , ,