Gibran Rakabuming Raka Resmi Diusung PDIP di Pilkada Solo

Gibran Rakabuming Raka Resmi Diusung PDIP di Pilkada Solo

Pada Pilkada 2020, PDIP resmi mengajukan Gibran Rakabuming Raka dan Teguh Prakoso sebagai bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Solo.

Teguh yang juga Sekretaris DPC PDIP Surakarta, membenarkan bahwa dirinya dan Gibran mendapat undangan dari DPP PDIP untuk datang ke Jakarta.

Pada hari Kamis (16/7/2020) kemarin Teguh menuturkan, “Undangan sudah diterima DPC siang tadi, atas nama Ketua, Sekretaris, dan Bendahara DPC. Serta undangan untuk calon, yaitu saudara Gibran dan saudara Teguh”.

Teguh sendiri tidak menepis atas beredarnya rekomendasi DPP PDIP untuk bakal calon Pilwalkot Kota Solo yakni Gibran dan dirinya.

Sebelumnya, FX Hadi Rudyatmo -Ketua DPC Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Surakarta- menjelaskan bahwa dalam Pilkada Serentak 2020 di Solo, rekomendasi bakal calon wali kota dan wakilnya akan diumukan secara virtual.

Baca Juga:  Debat Terbuka Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Solo Digelar 6 November 2020

Pengumuman rekomendasi akan digelar secara telekonferensi dari Jakarta dan beberapa daerah yang mendapat rekomendasi. Telekonferensi akan dipimpin langsung oleh Ketua Umum Megawati Soekarnoputri.

Rudi menuturkan, “Kami masih menunggu rekomendasi itu, yang terpenting proses pencalonan sudah selesai semuanya”.

Ia menambahkan, “Gibran dan Achmad Purnomo merupakan kader PDIP. Keduanya sama-sama dari PDIP. Siapapun mendapat rekomendasi DPP wajib didukung”.

Di sisi lain, Rudy juga menilai hasil survei elektabilitas Gibran menunjukan tinggi adalah hal yang wajar.

“Namun, kami yang terpenting hasil akhir dari rekomendasi harus dikawal menjadi kemenangan,” imbuhnya.

Gibran merupakan putra sulung Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Sedangkan Teguh Prakosa merupakan kader senior PDIP yang sebelumnya menjabat sebagai Ketua DPRD Surakarta periode 2014—2019.

Baca Juga:  Kecelakaan Ambulans Vs Truk di Jalan Solo-Purwodadi

PDIP secara resmi akan mengumumkan para bakal calon usungan partai di Pilkada 2020 pada Jumat, 17 Juli 2020. Salah satunya adalah rekomendasi untuk Pilkada Solo.

Tags: , ,