Gibran-Teguh Resmi Ditetapkan Sebagai Wali Kota Solo

Gibran-Teguh Resmi Ditetapkan Sebagai Wali Kota Solo

Pasangan Gibran Rakabuming Raka-Teguh Prakosa resmi ditetapkan sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Solo terpilih pada hari Kamis (21/1/2021) kemarin.

Hal tersebut dituangkan dalam berita acara yang dibacakan oleh Ketua KPU Solo yakni Nurul Sutarti.

Nurul menyampaikan bahwa Gibran-Teguh menang dengan perolehan 86,54 persen suara.

Pada kesempatan itu, Nurul menuturkan, “Menetapkan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surakarta dalam Pemilihan Wali Kota Surakarta 2020 nomor urut 1 dengan perolehan 225.451 suara atau 86,54 persen dari total suara sah sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota terpilih”.

Berita acara dan Surat Keputusan ditandatangani oleh Ketua KPU Solo, Ketua Bawaslu Solo, Ketua DPRD Solo, perwakilan PDIP selaku partai pengusung dan Wali Kota Solo terpilih Gibran Rakabuming Raka.

Baca Juga:  Pembangunan Masjid Raya Sheikh Zayed Solo Hampir Selesai, Kapan Peresmiannya?

Namun, Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo yang juga sekaligus Ketua DPC PDIP Solo, yang dalam rencananya mengisi sambutan tidak dapat hadir dalam acara tersebut.

Pasalnya, Rudi sapaan akrab FX Hadi Rudyatmo, masih mengurus kedatangan dari para korban gempa Sulawesi Barat yang mengungsi di Solo Technopark.

Selain itu, Nurul juga menerangkan bahwa rapat pleno diselenggarakan setelah memastikan bahwa KPU mendapatkan Buku Register Perkara Konstitusi (BPRK) dari Mahkamah Konstitusi (MK).

Setelah proses penetapan wali kota terpilih, pihaknya selanjutnya akan mengajukan kepada DPRD Solo untuk tahapan pelantikan.

Nurul menjelaskan, “Baru kemarin malam kita dapat BPRK, sehingga hari ini kita lakukan penetapan. Setelah ini kita ajukan kepada DPRD Solo terkait pelantikan wali kota dan wakil wali kota. Nanti DPRD akan mengajukan kepada Mendagri melalui Gubernur Jawa Tengah”.

Baca Juga:  Proyek Revitalisasi Jembatan Mojo Sudah Dimulai, Hanya Kendaraan Roda 2 yang Bisa Lewat

Sementara itu, YF Sukasno sebagai perwakilan PDIP mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Kota Solo yang telah melaksanakan Pilkada 2020 dengan tertib di tengah pandemi Covid-19.

Sukasno mengatakan, “Kita bersyukur meski di tengah pandemi, Pilkada bisa berlangsung lancar. Ke depan kami tetap membutuhkan kerja sama dengan masyarakat untuk membangun Kota Solo”.

Tags: , ,