Googling Lagu? Tinggal Bersiul Saja

Mungkin kerap terjadi, saat berada di suatu tempat kita mendengar sebuah lagu yang sangat menarik sampai tengiang di kepala. Tapi saat berusaha mencari tahu, boro-boro hafal lirik atau nama artisnya, yang bisa kita ingat hanya melodinya saja. Nah, Google punya kabar baik untuk kalian yang sering mengalami hal seperti ini.

Google memperkenalkan sebuah pembaruan berupa fitur yang disebut ‘Hum To Search’, pada Jumat (16/10) lalu. Fitur anyar ini siap membantu penikmat musik sekalian untuk menemukan lagu yang dimaksud hanya dengan bernyanyi, bersenandung, bahkan bersiul sesuai melodi lagu tersebut.

Caranya sangat mudah, bisa lewat aplikasi dan widget Google Search atau Google Assistant. Langkah pertama, setelah masuk ke aplikasi Google Search ketuk ikon mikrofon dan ucapkan “What’s this song?” atau cukup klik tombol ‘Search a song’. Sementara untuk pengguna Google Assistant bisa langsung bertanya “Hey, Google. What’s this song?”.

Langkah kedua, mulailah bernyanyi, bersenandung, atau bersiul sesuai lagu yang ingin dicari selama 10 sampai 15 detik. Dan voila! Hasil pencarian akan muncul di layar, urut dari yang paling akurat hingga yang hampir mirip disertai persentase kecocokannya.

Dikutip dari TechCrunch, kemampuan ini didukung teknologi machine learning yang terlatih mengidentifikasi suara dari berbagai sumber, salah satunya adalah suara manusia. Karenanya, pengguna tak harus bernyanyi merdu lantaran detail-detail seperti kualitas vokal, timbre atau tone suara, maupun musik latar akan dihapus secara otomatis oleh algoritma, menyisakan inti melodinya saja.

Sebuah postingan di laman The Google Blog menjelaskan, melodi merupakan identitas unik yang dimiliki setiap lagu layaknya sidik jari pada manusia. Fitur baru ini bekerja seperti mesin pemindai sidik jari, dimana audio berupa siulan, nyanyian, atau senandung diubah menjadi pola numerik yang mewakili melodi tersebut lantas dibandingkan dengan data, sehingga pencarian hanya akan menunjukkan data yang memiliki kecocokan dengan ‘sidik jari’.

‘Hum To Search’ sudah tersedia untuk sistem operasi iOS dan Android dan bisa dinikmati mulai sekarang. Meski baru bisa mendeteksi lagu berbahasa Inggris, fitur ini telah tersedia dalam 20 bahasa dan Google berencana untuk terus memasukkan lebih banyak bahasa di masa mendatang.

Tags: , ,