GothamChess Blokir Video YouTube Catur untuk Indonesia

GothamChess Blokir Video YouTube Catur untuk Indonesia

YouTuber catur GothamChess tampaknya telah memblokir videonya untuk Indonesia.

Kejadian tersebut terjadi beberapa hari setelah polemik kekalahan dirinya dari pemain catur online asal Indonesia, Dadang Subur alias Dewa_Kipas di Chess.com.

Ketika membuka channel-nya, kita masih bisa melihat video unggahan GothamChess melalui playlist. Namun, semua video YouTube di kolom ‘Videos’ tidak muncul sama sekali.

Untuk informasi, beberapa hari yang lalu banyak video pertarungan catur yang dimaikan oleh Gotham Chess masih bisa diakses.

Langkah Gotham Chess memblokir akses YouTube-nya bagi warganet Indonesia menuai beragam komentar di Twitter yang sudah membicarakan hal ini sejak kemarin.

Diberitakan sebelumnya, akun milik pecatur asal Indonesia dengan nama Dewa-Kipas di platform Chess.com mendadak viral.

Pasalnya akun tersebut berhasil mengalahkan GothamChess. Tetapi, yang membuat heboh adalah akun Dewa_Kipas tersebut justru diblokir setelah mengalahkan pecatur dunia itu.

Pertandingan tersebut memang disiarkan secara langsung melalui akun Twitch milik GothamChess dan ditonton oleh ribuan orang.

Ali Akbar yang merupakan putra pemilik akun Dewa_Kipas mengatakan, “Waktu Bapak gue tanding, disiarkan Live di Twitch, ditonton ribuan orang. Bapak gue menang, para penonton Twitch ngambek. Mereka menuduh bapak gue curang”.

Karena penonton marah, Ali mengatakan para penonton melakukan report massal akun Dewa_Kipas. Selanjutnya, akun milik orang Indonesia itu pun kena blokir.

Di sisi lain, Chess.com membantah akun Dadang diblokir karena laporan fans GothamChess. Hingga saat ini, tidak jelas alasan akun Dewa_Kipas milik Dadang diblokir. Namun, dalam klarifikasinya di Twitter, Chess.com memberikan link terkait kebijakan mereka terhadap pemain yang curang, mengindikasikan bahwa itu alasannya.

Tags: , ,