Gugus Tugas Covid-19 Sukoharjo Perketat Pemeriksaan Kesehatan Penumpang di Terminal Saat Libur Panjang

Gugus Tugas Covid-19 Sukoharjo Perketat Pemeriksaan Kesehatan Penumpang di Terminal Saat Libur Panjang

Untuk mengantisipasi terjadinya penularan virus Covid-19 karena tingginya mobilitas warga, Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sukoharjo akan memperketat pemeriksaan kesehatan setiap penumpang tiba di Terminal Sukoharjo.

Pada cuti bersama akhir pekan ini yang dimulai Kamis (29/10/2020) bertepatan dengan hari Maulid Nabi Muhammad SAW diprediksi akan terjadi lonjakan penumpang.

Pada hari Selasa (27/10/2020) ini, AKBP Bambang Yugo Pamungkas selaku Wakil Ketua II Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sukoharjo menuturkan, “Petugas akan cek kesehatan pendatang. Cek suhu dan kalau memang sakit ada tim medis yang akan memeriksa”.

Yugo menjelaskan, jika ditemukan pendatang yang sakit, petugas akan menunggu hasil pemeriksaan tim medis. Pendatang juga akan ditanya riwayat perjalanan yang bersangkutan.

Baca Juga:  Setelah Vakum Lama Akibat Pandemi, Band Soloraya Ini Akhirnya Kembali Tampil

Jika sakit yang mengarah pada gejala virus Covid-19, petugas akan mengarahkan pendatang ke rumah sakit rujukan Covid-19.

Ia menambahkan, “Jadi selain cek kesehatan, pendatang juga kita data agar tercatat dengan baik”.

Di sisi lain, Wardoyo Wijaya -Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 sekaligus Bupati Sukoharjo- menerangkan bahwa pengawasan pendatang diperketat sebagai antisipasi melonjaknya kasus penularan virus Covid-19 di Sukoharjo.

Wardoyo menuturkan, “Sukoharjo juga masih berstatus zona merah atau penularan virus corona tinggi. Jadi saat libur panjang besok kami memperketat pengawasan para pendatang”.

Pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan Polres, TNI hingga ke pemerintah kelurahan dan desa untuk memantau pergerakan pendatang saat libur panjang.

Baca Juga:  Imbas Animo Tanaman Hias Tinggi, Pameran Agrobisnis di Mal Digelar

Dengan bertambahnya warga luar daerah yang datang ke Sukoharjo dikhawatirkan akan berdampak terhadap meningkatnya kasus Covid-19 jika tidak diantisipasi.

Gugus Tugas juga memberdayakan pemerintah desa dan kelurahan untuk mengawasi para pendatang.

Mereka akan bertugas mendata dan mengawasi pendatang yang wajib memenuhi syarat sehat sebelum kontak erat dengan keluarga dan orang sekitar.

Tags: , ,