Guru SD Di Jebres Terpapar Covid-19, Dinas Pendidikan Solo Bertindak

Guru SD Di Jebres Terpapar Covid-19, Dinas Pendidikan Solo Bertindak

Pada hari Rabu (22/7/2020) lalu, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Solo mengungkapkan bahwa terdapat salah satu guru yang terkonfirmasi positif Covid-19 yang merupakan pengajar di SD di Kecamatan Jebres.

Ahyani -Ketua Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Solo- menjelaskan bahwa guru tersebut diketahui positif corona setelah mengikuti uji swab massal yang digelar BNI Kanwil Yogyakarta pada hari Minggu (19/7/2020) lalu.

Gugus Tugas tidak memberlakukan lockdown atau penutupan sekolah karena sejak Solo berstatus kejadian luar biasa (KLB) Maret lalu, sekolah melaksanakan pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

Pada hari Kamis (23/7/2020) kemarin, Ahyani mengatakan, “Enggak ada sekolah yang lockdown (karantina) akibat kasus pada guru ini, karena memang sekolahnya masih PJJ. Tidak ada tatap muka, sehingga tracing menyasar keluarga, kontak erat dan dekat serta yang sudah bertemu dia”.

Baca Juga:  Tempat Wisata di Karanganyar Bakal Dirazia Satgas Covid-19

Mengenai kabar adanya salah satu guru yang positif Covid-19 tersebut, Etty Retnowati -Kepala Dinas Pendidikan Kota solo- menuturkan bahwa ia sudah mengambil tindakan.

Untuk identitas sekolahnya Etty enggan mengungkapkan. Tetapi, Etty menegaskan bahwa sudah memerintahkan kepada guru-guru yang berada di sekolah tersebut untuk menjalankan pembelajarannya jarak jauh (PJJ).

Untuk pencegahan penularan Covid-19 dan agar kasus positif tidak bertambah pihaknya juga sudah meminta agar sekolah yang bersangkutan disterilkan dengan penyemprotan disinfektan di seluruh area.

Guru yang positif Covid-19 ini menjadi kasus pertama di kalangan tenaga pendidik di lingkungan Disdik Solo. Belum diketahui dari mana guru tersebut tertular virus corona. Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo melakukan tracing kontak erat dan dekat guru itu.

Tags: , ,