Gus Cholil Dihukum Penjara Seumur Hidup

Gus Cholil Dihukum Penjara Seumur Hidup

Achmad Muhailil Churi (56) atau yang biasa dipanggil Gus Cholil dijatuhi hukuman penjara seumur hidup oleh Pengadilan Negeri (PN) Surakarta.

Gus Cholil dianggap terbukti membunuh dua orang, yakni Sunarno (49) dan Triyani (36).

Hal tersebut tertuang dalam putusan PN Surakarta yang dilansir website Mahkamah Agung (MA) pada hari Senin (22/2/2021) kemarin.

Priyanto selaku Ketua Majelis mengatakan, “Menyatakan Terdakwa Ahmad Muhailil Churi alias Gus Cholil bin Mustam telah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana ‘Pembunuhan Berencana’. Menjatuhkan pidana terhadap Terdakwa tersebut oleh karena itu dengan pidana penjara seumur hidup”.

Sementara itu, hal yang memberatkan terdakwa adalah terdakwa tidak mengakui perbuatannya.

Baca Juga:  Wali Kota Gibran: Proyek Pasar Legi Solo Selesai September

Selain itu, terdakwa juga memberikan keterangan berbelit-belit sehingga mempersulit jalannya persidangan.

Priyanto menambahkan, “Keadaan yang meringankan tidak ada”.

Seperti yang diketahui, Gus Cholil membunuh Sunarno dan Triyani pada 8 April 2020 silam.

Motif Gus Cholil membunuh Sunarno adalah untuk menguasai uang sebesar Rp 700 juta, sedangkan pada korban Triyani adalah untuk menghilangkan saksi kunci atas pembunuhan itu.

Gus Cholil lakukan cara pembunuhannya adalah menggunakan racun tikus yang dicampur ke jus buah.

Dengan tanpa rasa curiga, kedua korban pun minum jus tersebut dan kepanasan lalu buka baju. Hingga akhirnya meregang nyawa.

Barang bukti dalam perkara itu yakni organ dalam jenazah SN berupa berita acara penyerahan barang bukti setelah uji lab. Salah satunya yakni satu buah gelas yang terdapat sisa cairan bekas muntahan. Dan satu buku tabungan atas nama korban SN serta uang tunai Rp 725 juta.

Baca Juga:  Apa Agenda Perdana Gibran Usai Dilantik?

“Perbuatan Terdakwa adalah termasuk perbuatan yang sadis,” ucap majelis pada 5 Januari lalu dalam sidang secara telekonferensi.

Tags: , ,